Sukses Gelar Kontes Ternak, Dispernakan KBB Rencanakan Bangun “Mini Zoo”

Undang Husni Tamrin kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat, menggelar kontes ternak bertempat di lapang Cisarua, Rabu (8/7/2019). Foto:Hendri/BBPOS

Cisarua, BBPOS – Ratusan ternak turut serta dalam kontes yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat, bertempat di lapang Cisarua, Rabu (8/7/2019).

Komoditi ternak yang mengikuti kontes tersebut yakni sapi perah, sapi potong, domba garut, kambing PE dan ayam pelung. Seluruh peserta hanya terbatas bagi peternak di Bandung Barat saja.

Kepala Dispernakan KBB, Undang Husni Tamrin mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Bandung Barat khususnya pegiat ternak hewan berkualitas baik.

“Selain itu, ini juga sebagai ajang untuk menggali potensi di Bandung Barat dalam sektor peternakan,makanya bikin acara eksebisi seperti ini,”katanya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk menggali potensi yang dimiliki khususnya di sektor perternakan. Hal itu sejalan dengan program Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna yang berencana mengembangkan 10 destinasi wisata di KBB.

“Nantinya para perternak dan pecinta hewan kesayangan bisa diberdayakan, apa pun yang mereka geluti dikelola secara serius,”katanya.

Masih kata Undang, untuk merealisasikan hal tersebut, juga perlu sarana dan prasarana yang bisa menjadi penunjang peternak dalam mengoptimalkan potensi ekonomi yang mereka geluti.

“Konsep yang dibuat nantinya seperti membuat wisata edukasi contohnya ada kampung sapi dll. Masyarakat jadi tau bagaimana mengurus ternak,” paparnya.

Ia juga memaparkan rencana yang bakalan direalisasikan untuk ke depannya, termasuk pembuatan kebun binatang mini (mini zoo). Undang menyebutkan, lahan yang diperlukan sekitar 5 hektar untuk bisa membuat wisata edukasi tersebut.

“Kalau harapan sih dibangun antara Cikalong Wetan atau Cisarua, kan pa Bupati sudah kerjasama dengan pihak PTPN VIII,”pungkasnya. (Dra)