Raih Prestasi!! KONI KBB dan Pemda Bandung Barat Wajib Bersinergi

Pangandaran, BBPOS – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung Barat, Ryan Firmansyah menyatakan, atmosfer suasana gelaran Porda 2022 yang digelar KBB harus dirasakan dari sekarang.

Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan dilaksanakannya Rapat Anggota Tahunan (RAT) antara pengurus KONI KBB dan para pengurus Cabang Olah Raga (Cabor) KBB.

“Salah satunya yang menjadi agenda RAT kali ini adalah persiapan Kabupaten Bandung Barat dalam menghadapi Porda 2022 yang bakalan digelar di Bandung Barat,”katanya pada wartawan disela-sela kegiatan RAT KONI KBB, di Hotel Surya Transera, Sabtu (29/6/2019).

Ryan menambahkan, sebagai ajang pemanasan untuk menjaring potensi atlet berbakat, pihaknya (Koni) akan menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Bandung Barat dalam waktu dekat. Pasalnya, sebagian atlet usianya tidak lagi sesuai dengan regulasi yang ada.

“Ini juga sebagai pemanasan, jangan sampai terkesan dadakan,” katanya.

Ryan menegaskan, target posisi tiga pada Porda 2022 mendatang bukan hanya mimpi belaka. Hal tersebut wajib direalisasikan oleh KONI Kabupaten Bandung Barat.

“Yang pasti saat ini kita persiapkan segala sesuatunya, termasuk pembinaan para atlet,” katanya.

Namun demikian, Ryan mengajak seluruh elemen yang ada di tubuh KONI KBB untuk senantiasa bersinergi terutama terus meningkatkan silaturahmi.

“Mari kita terus eratkan silaturahmi diantara kita, KONI KBB harus kompak,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menegaskan, agar KONI KBB berkonsentrasi untuk menyiapkan diri dalam meraih prestasi terbaik. Terlebih, Kabupaten Bandung Barat sebagai tuan rumah pada porda 2022 mendatang.

“Untuk masalah anggaran biar kami (Pemda KBB) yang mengurus, KONI fokus saja menyiapkan diri. Jangan sampai malu tidak dapat posisi 3 besar, apalagi bertindak sebagai tuan rumah,” ujarnya.

Umbara juga mengingatkan, baik para pengurus KONI KBB, pengurus Cabor beserta atlet untuk senantiasa solid dan kompak. Hal tersebut kata dia, merupakan kunci utama kesuksesan pada Porda yang bakalan digelar di Kabupaten Bandung Barat.

“Semuanya harus solid dari sekarang,” tegas Umbara.

Umbara menjelaskan, Pemda Bandung Barat dengan dinas terkait yakni Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bandung Barat tengah mempersiapkan diri untuk pengadaan sarana dan prasarana. Ia menyebutkan, open ceremony dan closing ceremony wajib digelar di Bandung Barat.

“Infrastruktur penunjang Porda kita usahakan, seperti penyediaan stadion. Kita akan secepatnya mengambil keputusan dibangun di Cikalong Wetan atau di Cipatat,” katanya.

Umbara menyebutkan, saat ini tengah mencari lahan seluas kurang lebih 30 hektar. Rencananya, Pemda Bandung Barat berkeinginan membangun sebuah sebuah tempat yang di dalamnya terintegrasi seluruh bangunan.

“Gedung olahraga, seni dan budaya ada disana,”katanya.

Untuk itu Umbara meminta kepada Dispora KBB untuk segera bergerak cepat merealisasikan rencana tersebut.

Disinggung wartawan terkait pembiayaan untuk pengadaan fasilitas tersebut, Umbara mengatakan, semua butuh proses dan bisa saja melibatkan Pemprov Jabar maupun Swasta.

“Kita pikirkan lahannya dulu sekarang, untuk pembiayaan sambil berjalan,”pungkasnya. (Dra)