Menyantap Pecel Lontong di Pinggir Laut Pangandaran

Pangandaran, BBPOS – Menikmati cuaca cerah diiringi debur ombak pantai Pangandaran saat pagi hari memang menyenangkan. Semilir angin pun terasa sangat menyejukan.

Tak elok rasanya jika pagi hari menikmati pemandangan indah pantai Pangandaran tanpa ditemani sarapan nikmat seraya menikmati secangkir kopi.

Salah satu sarapan yang mengundang selera yakni pecel bumbu kacang. Makanan berbahan dasar sayuran berupa kangkung, bayam, daun singkong dan daun pepaya tersebut mangandung banyak gizi.

Dengan harga yang relatif murah Rp10 ribu untuk satu porsi pecel, pembeli sudah mendapatkan ektra lontong dan satu gorengan. Cukup rasanya untuk mengisi energi menikmati indahnya alam di Kabupaten Pangandaran.

Salah seorang pedagang pecel, Setiawati (62) mengatakan, pecel Pangandaran menjadi salah satu menu sarapan yang paling dicari di pantai yang menjadi primadona keluarga untuk mengisi liburan.

“Kalau pagi hari pasti ramai yang sarapan pecel,”katanya seraya melayani pembeli, Sabtu (29/6/2019).

Setiawati yang mengaku sudah 10 tahun lebih berjualan pecel di pantai Pangandaran mengatakan, dalam satu hari dirinya mampu mengumpulkan pundi-pundi rupiah Rp100ribu hingga 200ribu.

“Kalau penghasilan sih ga tentu, tapi lumayan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,”katanya.

Setiawati bersyukur, dari penghasilannya tersebut ia mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan menyekolahkan anaknya. Tidak hanya itu, beberapa anak yatim Setiawati ia rawat.

“Alhamdulillah saya bersyukur atas rejeki yang Allah berikan,” ujar ibu asal Kebumen Jawa Tengah. (Dra)