IKIP Siliwangi Libatkan 12 Dosen pada Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) 2019

Cimahi, BBPOS – Sebanyak 12 dosen Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Bandung, dilibatkan dalam program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) 2019.

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kompetensi dosen Lembaga Pendidikan Tingkat Kependidikan (LPTK) yang digulirkan oleh Kemenristekdikti.

Sebanyak 77 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia dilibatkan dalam kegiatan hibah PDS tersebut. Salah satu diantaranya adalah IKIP Siliwangi Bandung.

“Kegiatan PDS ini merupakan kali kedua bagi IKIP Siliwangi Bandung yakni pada tahun 2018 dan 2019,” ujar Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik, IKIP Siliwangi Bandung, Euis Eti Rohaeti, Sabtu (29/6/2019)

Ia menjelaskan, untuk tahun 2019 ini, IKIP Siliwangi mendapatkan hibah PDS skema B. Rencananya para dosen tersebut akan ditugaskan di dua wilayah berbeda yakni Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

“4 dosen akan dilibatkan ke 2 wilayah yakni Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, sementara 8 orang lainnya untuk mengimplementasikan hasil PDS pada perkuliahan di IKIP Siliwangi pada tahun 2019,”katanya.

Sebagai langkah awal, kata Euis, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan mengurus perizinan kegiatan ke sekolah-sekolah, Dinas pendidikan kota/kabupaten dan personalia kampus mulai tanggal 14 Juni 2019 lalu.

“Kemudian pada tanggal 29 Juni 2019 ini, melakukan workshop penyusunan perangkat pembelajaran antara dosen dan guru-guru sebagai persiapan melakukan pembelajaran kolaboratif antara guru dan dosen,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, rencananya PDS ke sekolah akan dimulai pada tanggal 15 Juli 2019 mendatang. Sementara itu, implementasi PDS di IKIP Siliwangi Bandung akan dimulai pada tanggal 19 Agustus 2019.

Ia berharap, melalui program PDS ini para dosen memperoleh pengalaman nyata mengelola pembelajaran di sekolah untuk kemudian temuannya dapat diintegrasikan dalam perkuliahan di Perguruan Tingginya.

“Saya tentunya berharap, PDS ini memberikan dampak positif bagi pendidikan Indonesia,” harapnya. (Dra)