Harapan Fikri Bocah 12 Tahun Penjual Cilok Keliling

Ngamprah, BBPOS – Diantara hingar bingar peringatan hari jadi Kabupaten Bandung Barat ke-12, sosok dua anak ini terlihat menikmati sajian acara dibarengi dengan harapan kehidupannya di esok hari lebih baik.

Hari mulai sore matahari pun mulai tenggelam, cuaca masih terasa panas diiringi penampilan band rock Black Jack dengan menyajikan musik dengan beat cukup enerjik.

Dengan kotak berwarna merah muda yang berisi cilok yang telah dibungkus dengan plastik, Fikri (12) dan adiknya Kamal (7) tanpa malu menjajakan dagangannya kepada masyarakat yang datang pada peringatan hari jadi KBB Ke-12.

Fikri warga asal Kampung Ciburial, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah ini mengaku, setiap hari menjajakan dagangannya seusai pulang sekolah. Hal itu ia lakukan untuk membantu sang ibu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Saya bantu ibu cari uang,”katanya seraya melihat teman sebayanya menikmati band yang tampil, Selasa (18/6/2019).

Ia menambahkan, saat ini dirinya telah menuntaskan kewajibannya sebagai pelajar di SDN 4 Ciharashas tahun ini. Oleh karena itu, Fikri berdagang sejak pagi hari. Pasalnya, keinginan melanjutkan sekolah terhenti lantaran keterbatasan biaya.

“Saya tidak dilanjutkan a, ga ada biaya,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebenarnya keinginan untuk melanjutkan sekolah sangat tinggi. Betapa tidak, Fikri mempunyai cita-cita seperti halnya anak seusianya.

“Saya ingin jadi polisi, biar bisa ngebanggain ibu,” kata Fikri dengan wajah sumringah.

Dengan harga Rp2000/bungkus, Fikri beserta adiknya mendapatkan upah tidak lebih dari Rp20 ribu. Namun ia mensyukuri apa yang diperoleh hasil dari jerih payahnya setiap hari.

“Saya bawa dagangan 25 bungkus, alhamdulillah bisa bantu ibu,” katanya.

Seperti diketahui, saat ini satuan pendidikan berbagai jenjang sedang melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019-2020. Namun bagi Fikri sebagai momen berharap apa yang ia inginkan terwujud.

“Kalau saya mah ingin sekolah ke SMPN Ngamprah,”katanya.

Fikri berharap, kehidupannya lebih baik di kemudian hari, dan adiknya Kamal yang saat ini duduk di bangku kelas 2 SDN 4 ciharashas bisa mengenyam pendidikan lebih tinggi.

“Saya ingin bantu ibu, dan adik saya,” ucap Fikri. (Dra)