Hengki Fokus Kembangkan Ekonomi Kreatif di KBB

Ngamprah,BBPOS – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan bertekad untuk mengembangkan potensi ekonomi di bidang entertainment dan industri kreatif di Kabupaten Bandung Barat.

Pasalnya, hingga saat ini potensi ekonomi pada bidang tersebut belum optimal diberdayakan. Betapa tidak, Bandung Barat sarat potensi alam yang dapat dikembangkan untuk menunjang ekonomi pada bidang industri kreatif yang melibatkan kawula muda Bandung Barat.

Hengki mengatakan, kedua bidang ekonomi tersebut jika dikelola secara serius dan profesional memang cukup menjanjikan dari segi finansial. Selain itu, minat generasi muda Bandung Barat dalam bidang entertainmet cukup tinggi.

“Tapi sayangnya anak muda selama ini seperti tidak mendapatkan porsi di bidang industri kreatif,” katanya pada BBPOS, Senin (17/6/2019).

Untuk hal itu, Pemda Bandung Barat bisa hadir mewadahi hal tersebut. Caranya kata Hengki, dengan menggunakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk mengembangkan potensi ekonomi di bidang entertainment dan industri kreatif ini.

“Hari ini saya meeting dengan Bagian Ekonomi, membahas BUMD yang bergerak di bidang entertainment dan industri kreatif,”tambahnya.

Masih kata Hengki, nantinya BUMD tersebut menyediakan bangunan khusus untuk studio pembuatan sinetron serta menyediakan fasilitas lainnya yang mumpuni dan pada akhirnya semua masyarakat bisa menikmati hal itu.

“Masyarakat bisa masuk ke studio tersebut sambil berwisata dan melihat proses shooting sinetron,” katanya.

Ia menyebutkan, ekonomi masyarakat sekitar akan ikut terdorong dengan hadirnya pelaku usaha kreatif di sekitar lingkungan warga.

“Salah satunya adalah penyediaan catering bagi kru dan artis yang sedang shooting, satu sinetron bisa mencapai 150 paket catering perhari. Kalikan saja kalau ada 10 sinetron dengan tiga kali makan,” katanya.

Lebih lanjut Hengki mengatakan, kedepannya dirinya juga akan menyiapkan kru sinetron yang berasal dari masyarakat Bandung Barat. Namun sebelumnya akan terlebih dahulu dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan terkait industri kreatif.

“Nantinya para generasi muda Bandung Barat bakal dibekali dengan pengetahuan persinetronan, cinematografy dan pencahayaan melalui workshop yang akan diadakan,”katanya.

Terkait rencana itu, Hengki dan pihak terkait akan terus berusaha merealisasikan hal tersebut secepatnya. Ia berharap, dalam prosesnya berjalan lancar.

“Saya minta doa, agar semuanya berjalan lancar,” pungkasnya. (Dra)