Peringati Hari Lingkungan Hidup, Jumat Besok Se-KBB Bersih-bersih

Padalarang, BBPOS – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menggelar aksi bersih-bersih di wilayah Bandung Barat tanggal 14 Juni 2019 besok.

Kepala Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Kebersihan Bandung Barat, Rudy mengatakan dengan adanya kegiatan aksi bersih-bersih secara serentak di wilayah KBB hari Jumat 14 Juni.

“Kebetulan tanggal 5 Juni kan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Maka kami dengan Dinas Lingkungan Hidup, melakukanaksi bersih-bersihnya di tanggal 14 Juni secara serentak di KBB,” ujar Rudy saat ditemui di Padalarang, Kamis (13/6/2019).

Menurutnya, dalam aksi bersih-bersih yang akan dilakukan, pihaknya akan menyediakan armada 1 unit dengan kapasitas pengangkutan 6M kubik ditambah 2 motor kaisar.

Tidak hanya itu, UPTD Kebersihan pun mengerahkan 30 personil petugas kebersihan baik itu lapangan maupun pengemudi dan kernet.

“Kita menyediakan 1 unit ASPL dan 2 unit motor kaisar ditambah juga UPTD menyediakan berupa kantong polyback, masker, sarung tangan,” kata dia.

Meskipun demikian kata Rudy, pihaknya masih kekurangan armada, sebanyak 16 kecamatan di Bandung Barat armada yang dibutuhkan untuk megangkut sampah itu sebanyak 160 unit.

“Saya sering katakan upt kebersihan sangat kekurangan armada tercatat armada yang kita miliki hanya ada 30 lebih,” terang Rudy.

Dia pun mengimbau kepada Camat, Kepala Desa dan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan terutama sampah-sampah liar yang kerap mengganggu lingkungan Bandung Barat. Terlebih harus dapat memahami UPTD dalam hal kekurangan armada.

“Dengan itu sedikit mengurangi beban upt kebersihan. Untuk itu jagalah lingkungan masih-masing meskipun ada UPT kebersihan. Namun, dalam hal menjaga kebersihan ini perlu kerjasamanya,” pungkasnya.(wit)