Jelang Lebaran, Jalan di KBB Diperbaiki

Kepala Bidang Binamarga, Dinas Pekeerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) KBB, Ridwan. Foto: Suwitno/bandungbaratpos.com

Ngamprah, BBPOS – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Barat menargetkan perbaikan penambalan jalan di sejumlah titik di wilayah Bandung Barat selesai satu minggu sebelum hari raya Idul Fitri 1440 H.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR KBB, Muhammad Ridwan mengatakan, perbaikan jalan yang dilewati para pemudik baik jalan provinsi maupun jalan kabupaten sudah dikerjakan sejak awal Ramadhan.

“Untuk perbaikan sendiri ini terbagi 2, yaitu Pemeliharaan rutin dan peningkatan, dimana saat ini menjelang hari raya lebaran kita lakukan dulu pemeliharaan rutin dan ditargetkan di H-7 sudah selesai,” ujarnya saat ditemui di Ngamprah, Rabu (22/5/2019).

Ruas jalan yang dalam perbaikan pemeliharaan oleh PUPR kata Ridwan diantaranya jalan sekitar Langensari, Dago,Punclut, Sersan Bajuri, Cihanjuang, Parongpong, Ciwaruga, Cihideung, Selacau, Cililin. Perbaikan jalan itu agar jala yang dilalui kendaraan pemudik sebagai jalan alternatif dapat dirasakan aman dan nyaman.

Menurut Ridwan, pemeliharaan rutin yang saat ini sedang dilakukan, diperuntukan untuk jalan yang berlubang kurang dari 10 persen tingkat kerusakannya. Sedangkan untuk perbaikan jalan yang sifatnya peningkatan itu dilakukan seusai lebaran.

“Selain dari situ juga kan ada peningkatan kita bikin stepepnya, jadi yang bolong-bolong kecil ditutup oleh rutin, dan yang bolong besar nanti oleh peningkatan seperti cangkorang-leuwigajah,” kata dia.

Anggaran yang digunakan bersumber dari APBN 2019 untuk pemeliharaan rutin tersebut sebesar Rp 1,5 miliar. Anggaran itu hanya untuk pemeliharaan rutin saja. (Wit)