Dishub Kota Cimahi, Antisipasi 13 Titik Kemacetan Jelang Arus Mudik dan Balik

Ilustrasi foto istimewa/Net

Cimahi, BBPOS- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi telah memetakan 13 titik jalur mudik dan balik lebaran 1440 H yang diprediksi bakalan mengalami peningkatan volume kendaraan.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi, Endang menyebutkan ada 13 titik jalan di Kota Cimahi yang bakal mengalami peningkatan volume kendaraan, di antaranya Simpang Sangkuriang, dan perlintasan kereta api Gatot Subroto.

“Kita sudah memprediksi totalnya ada sekitar 13 titik kemacetan,” kata Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Cimahi, Endang, Minggu (19/5/2019).

Menurutnya, kepadatan juga bakal terjadi di perlintasan kereta api dustira, Pasar Baros, Bunderan Leuwigajah, perempatan Jalan Kolonel Masturi, Jalan Daeng Ardiwinata, Cimindi, Kebon Kopi, Jalan Gandawijaya, Simpang Pemkot Cimahi, Pasar Antri dan Jalan Lurah.

Untuk mangantisipasi terjadinya kemacetan pihaknya, akan melakukan penguraian dengan melakukan rekayasa lalulintas. Hal tersebut dilakukan melihat kondisi di lapangan nanti.

“Sifatnya situasional di jalur-jalur ini. Jika memang memungkinkan maka dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, guna mengantisipasi kemacetan yang ditimbulkan oleh pasar tumpah, Dishub Kota Cimahi akan menempatkan personil di kawasan Pasar Baros, Cimindi dan Pasar Antri.

Sementara saat ini Dishub Cimahi tengah mempersiapkan sarana dan prasarana (Sarpas) penunjang kelancaran arus lalu lintas. Seperti pemasangan pos pengamanan, traffic cone, road barrier, rambu portable, mobil derek dan mobil patroli.

“Tenda kita siapkan satu buah, traffic cone 30 buah, road barrier 20 buah, rambu portable 10 buah, mobil patroli 1 buah dan mobil derek 1 buah,” ujarnya.

Sarana dan prasarana penunjang itu akan dipasang dibeberapa ruas jalan yang memang diprediksi bakal mengalami kemacetan. Salah satunya di sekitar Cimindi. Di sana bakal dilakukan kanalisasi, bahkan traffic cone sudah dipasang. Jadi kemacetan tak pengaruhi jalur lainnya.

Selain sarana dan prasarana, Dishub Kota Cimahi juga bakal menyiapkan personelnya untuk mengamankan arus lalu lintas jelang dan pasca Idul Fitri 1440 Hijriyah. Ada sekitar 60 personel yang disiapkan. (Ay)