Harga Bawang Putih di KBB Turun

saat ini harga bawang putih berada dikisaran Rp55 ribu sampai Rp60 ribu. Sebelumnya, komoditi pangan tersebut menyentuh harga Rp80 ribu sampai Rp100 ribu.

Lembang, BBPOS – Kendati sempat mengalami kenaikan, kini harga bawang merah dan bawang putih di Pasar Panorama Lembang, Kabupaten Bandung Barat berangsur turun.

Imbas tidak stabilnya harga bahan pokok di pasaran tersebut dikeluhkan oleh para pedagang. Pasalnya, penjualan beberapa bahan pokok mengalami penurunan yang cukup drastis.

Berdasarkan informasi yang diperoleh di pasar Panorama Lembang, saat ini harga bawang putih berada dikisaran Rp55 ribu sampai Rp60 ribu. Sebelumnya, komoditi pangan tersebut menyentuh harga Rp80 ribu sampai Rp100 ribu.

Sementara itu, harga bawang merah saat ini berada pada kisaran Rp27 ribu, yang sebelumnya mencapai Rp30 ribu. Namun demikian, harga bawang merah bagi pedagang masih cenderung mahal.

“Normalnya untuk bawang berada di angka Rp 40 saja,” ujar Okib (58), salah satu pedagang di Pasar Panorama Lembang, Bandung Barat kepada BBPOS.com, Kamis (9/5/2019).

Menurut Okin, tidak stabilnya harga bahan pokok di pasaran sudah biasa terjadi saat Ramadan. Tetapi, pedagang tetap berharap agar harga bahan pokok bisa kembali stabil sehingga penjualannya tidak mengalami penurunan.

Terlebih, saat Ramadan permintaan bahan pokok selalu mengalami peningkatan. Namun karena harga yang sempat naik, penjualan pun mengalami penurunan.

Masih kata Okib, saat bawang putih berada di kisaran harga normal, dirinya dalam sehari dapat menjual 5 kg bawang. Untuk saat ini karena lonjakan harga membuat pembeli kebingungan dan enggan belanja secara besar-besaran.

“Kalau bisa meski Ramadan itu ya stabil saja. Jangan naik, terus turun begini. Kita jadi bingung, pembeli juga bingung. ditambah pasokan dari pusatna kurang, harga mahal,” ungkap Okib. (Wit)