Peringati Hari Jadi KBB ke-12, Begini Rencana Aa Umbara

Ngamprah, BBPOS- Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung Barat (KBB) ke-12, yang jatuh pada 19 Juni 2019 mendatang. Rencananya gebyar kegiatan tersebut berpusat di Bumi Perkemahan Indonesia Power Saguling (IPS).

Menurut Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, selama ini peringatan Hari Jadi KBB diselenggarakan di sekitar Komplek Perkantoran KBB saja, gebyar pesta Hari Jadi KBB tersebut, terkesan hanya dinikmati oleh birokrat saja.

Sementara warga wilayah selatan seperti Kecamatan Rongga, Gununghalu, Cipongkor, Sindangkerta, Cililin nyaris tidak diberi kesempatan ikut menikmati hari lahirnya daerah pemekaran Kabupaten Bandung tersebut. Bahkan tidak sedikit warga yang belum mengetahui kapan hari lahir KBB.

“Saya ingin ke depan masyarakat KBB, tidak hanya spontan memperingati Hari Kemerdekaan RI saja. Tapi Hari Jadi KBB juga, bisa gebyar mereka peringati,” ujarnya, usai menerima kunjungan Manajemen PT Indonesia Power di ruang rapat bupati, Selasa (7/5/2019).

Hal itu sebagai respon pihaknya terhadap masyarakat wilayah selatan yang menjadi prioritas pengembangan potensi wisata. Peringatan Hari Jadi KBB tahun ini juga merupakan tonggak awal pencanangan pengembangan 10 potensi wisata wilayah selatan.

“Peringatan Hari Jadi KBB kali ini, bukan hanya seremonial saja. Tapi sekaligus sebagai awal pengembangan potensi wisata wilayah selatan,” tegasnya.

Keseriusan Pemkab Bandung Barat dibawah kepemimpinan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan (Akur) untuk membedah wilayah selatan, akan direalisasikan mulai tahun 2020. Sebagai sarana penunjangnya, Pemkab Bandung Barat kata Umbara, akan memperbaiki dan membuat ruas jalan baru.

Khusus untuk gebyar peringatan Hari Jadi KBB 2019, pihak panitia akan menyelenggarakan berbagai hiburan. Mulai dari pentas musik, wayang golek hingga gelar produk.

“Sekarang kita fokus dulu bagaimana Hari Jadi KBB tahun ini bisa gebyar, khususnya untuk wilayah selatan. PT IP siap bekerjasama membantu penyelenggaraannya dengan pusar kegiatan di buper,” terangnya.(Nie)