Wandiana : BUMDes Harus Menjadi Penggerak Ekonomi Desa

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bandung Barat, Wandiana.

Lembang, BBPOS – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bandung Barat, Wandiana mendorong seluruh kepala desa agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa lebih produktif guna meningkatkan perekonomian desa.

“Sudah tertuang di UU No 6 Tahun 2014, diamanatkan bahwa pemerintahan daerah dan pemerintahan desa harus memberdayakan dan mendayagunakan keberadaan bumbes, Itupun dengan satu syarat harus dikelola dengan baik,” ujar Wandiana seusai menghadiri Bimbingan Teknis Perencanaan Pembangunan Badan Usaha Milik Desa di Hotel Panorama Lembang, Kamis (2/5/2019).

Menurutnya, ketika BUMDes dikelola dengan inovatif, kreatif dan produktif, maka perekonomian di desa akan semakin tumbuh. Sehingga dia berharap agar BUMDes menjadi pilar utama perekonomian desa.

Masih kata Wandiana, saat ini pemerintah sudah mempunyai konsep BUMdes untuk djadikan Desamart. hal itu dilakukan agar Bumdes dapat optimal dalam mengelola usahanya.

“Nah, sekarang bekerja sama dengan beberapa stakeholder yang kaitannya dengan desamart. itu salah satunya konsep pak bupati,” terang dia.

Meski begitu, sebagian desa sudah ada yang berjalan. baik itu pengairan, simpan pinjam, dan potensi lain di wilayahnya.

Wandiana menilai hadirnya swasta dalam pengelolaan Desamart akan lebih maju sebagai salah satu penopang perekonomian desa yang menjadi salah satu sumber PAD.

Disamping itu, kehadiran Desamart dapat menumbuhkan kemandirian desa karena melibatkan UPK, UMKM dan pelaku ekonomi lainnya yang ada di setiap desa.

“Bersama Desamart ini bertujuan untuk menciptakan pendapatan desa melalui desamart ini bisa menopang kas desa dalam menyelengarakan pemerintahannya. Sehingga keuntungan yang diperoleh dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan seluruh aparat desa,” pungkasnya. (Wit)