Ini Buah yang Paling Dicari “Emak-emak” Saat Ramadhan Tiba

SAAT menjalankan ibadah puasa pada bulan suci ramadhan, satu makanan ini menjadi hidangan yang paling ditunggu untuk disantap saat berbuka puasa.

Yups…kolak, makanan ini menjadi salah satu menu utama yang harus ada di meja makan melengkapi suasana berbuka anda bersama keluarga di rumah.

Campuran gula aren dan santan kelapa serta tidak lupa daun pandan menghasilkan citarasa luar biasa.

Dan biasanya olahan kolak hanya ditemui saat bulan ramadhan tiba lho…

Berikut ini bahan pokok yang paling dicari “emak-emak” untuk diolah menjadi kolak :

1. Kolang kaling

Salah satu buah yang dihasilkan dari pohon aren ini memiliki bentuk lonjong dan transparan memang menjadi buah yang bisa dikombinasikan dengan buah lainnya dalam kolak. Dan tidak hanya itu, kolang kaling juga bisa dicampur ke sup buah juga.

2. Pisang Nangka

Nah.. Buah pisang satu ini, jika pada hari biasa selain bulan suci ramadhan hanya diolah menjadi makanan yang digoreng maupun dikukus saja. Tapi lain halnya jika bulan ramadhan tiba, pisang nangka menjadi buruan utama “emak emak” untuk diolah jadi kolak lantaran aroma yang harum dan rasanya yang manis.

3. Ubi

Ubi biasanya hanya direbus saja selain bulan ramadhan, tapi saat bulan puasa tiba ubi menjadi bahan utama pembuatan kolak.

Biasanya ubi direbus terlebih dahulu kemudian dibentuk bulat dengan campuran tepung tapioka.

4. Peuyeum Bandung

Kalau yang ini, tentunya hanya dikenal sebagai penganan yang dimakan secara langsung atau diolah dengan cara digoreng maupun dibakar (colenak).

Tapi jangan salah lho,kalau peuyeum Bandung diolah menjadi kolak rasa yang dihasilkan sangat enak dan nikmat.

Manis yang berkolaborasi dengan rasa sedikit asam serta harum yang menggugah selera, dijamin kamu bakal ketagihan makan kolak peuyeum untuk berbuka esok hari.