Tahun Depan, Pemda KBB Optimis Seluruh SMP Laksanakan UNBK

Ilutrasi: Antara Foto

Padalarang, BBPOS – Pemda Bandung Barat (KBB) menargetkan seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bandung Barat tahun ajaran 2019-2020 mendatang, 100 persen dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pasalnya, tahun ini baru 30 persen dari total SMP yang ada di KBB melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Dari 179 SMP di Kabupaten Bandung Barat, sediktinya 52 sekolah telah melaksanakan UNBK.,” ujar Kabid SMP KBB, Dadang Supardan saat ditemui di SMP Krida Utama, Jalan Raya Gedonglima, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat, Senin (22/4/2019).

Ia menjelaskan, sebagian SMP yang belum melaksanakan UNBK, mengikuti pelaksanaan ujian pada waktu yang sama dengan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

“Untuk sebagian melaksanakan ujian UNKP,” tambahnya.

Masih kata Dadang, dalam teknis pelaksanaan UNBK pun tidak semuanya melaksanakannya secara mandiri di sekolah masing-masing, namun sebagian melaksanakan UNBK ikut di SMA maupun SMK terdekat.

“Selain di sekolah masing-masing,ada juga yang ikut ke SMA maupun SMK, karena keterbatasan fasilitas tapi mempunyai keberanian menyelenggarakan secara mandiri,” tambahnya.

Untuk penyelenggaraan ujian mendatang, Dadang optimis UNBK dapat dilaksanakan di seluruh wilayah di Kabupaten Bandung Barat.

Ia berharap, penyelenggaraan UNBK dan UNKP berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. Dadang juga mengimbau kepada para peserta didik yang sedang melaksanakan ujian, untuk belajar lebih giat dan menjaga kesehatannya.

“Kita harus optimis tahun depan 100 persen UNBK di seluruh SMP KBB,” pungkasnya. (Wit/Dra)