19.985 Siswa SMP Se-KBB Ikuti UNBK dan UNKP, Aa Umbara dan Hengki Tinjau Pelaksanaan di Dua Tempat Berbeda

Padalarang, BBPOS – 19.985 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan (Disdik) KBB menyebutkan, sebanyak 7.427 orang mengikuti UNBK yang tersebar di 52 SMP di Bandung Barat.

Sementara 12.558 orang lainnya mengikuti Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) yang berasal dari 127 SMP yang ada di kabupaten Bandung Barat.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan KBB, Dadang Supardan mengatakan, tahun ini belum semua SMP bisa melakukan UNBK. Pasalnya, masih terbentur dengan ketersediaan logistik penting UNBK yakni komputer dan server.

“Untuk tahun ini, masih kisaran 30 persen yang melaksanakan UNBK,” katanya kepada BBPOS saat ditemui di SMP KRIDA, Padalarang, (22/4/2019).

Ia menambahkan, pelaksanaan UNBK tersebar di seluruh wilayah di Kabupaten Bandung Barat, hingga menjangkau daerah yang jauh dari pusat pemerintahan Bandung Barat.

“SMP 5 Cipongkor juga ikut UNBK,”tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dadang juga menyampaikan keoptimisannya pada tahun ajaran 2019-2020 mendatang, seluruh SMP di wilayah Bandung Barat 100 persen melaksanakan UNBK.

“Saya menargetkan tahun depan sudah pakai komputer semua (UNBK),” ujar Dadang.

Lebih lanjut ia mengatakan, pelaksanaan UNBK lebih efektif dan efisien. Untuk itu kata dia, tahun depan akan diupayakan semaksimal mungkin setiap SMP di KBB laksanakan UNBK.

“Selain menyiapkan logistik UNBK seperti komputer dan server, kita juga harus menyiapkan peserta didik menguasai operasional komputer, ” katanya.

siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Sementara itu, dihari yang sama Bupati Bandung Barat dan Wakil Bupati Bandung Barat, Aa Umbara dan Hengki Kurniawan meninjau langsung pelaksanaan UNBK dan UNKP tingkat SMP KBB di tempat berbeda.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna meninjau langsung pelaksanaan UNBK di SMPN 3 dan 6 Lembang.

Sementara itu, Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, meninjau pelaksanaan UNBK di SMPN 1 padalarang dan SMPN 1 Cipatat pada Senin pagi.

“Semoga lancar siswa-siswi dan mendapatkan nilai yang tinggi. Semangat adek-adek.mohon doanya, ” ujar Hengki dalam akun instagramnya. (Dra/Wit)