Habiskan Libur Panjang di Bandung Barat? Museum Bahari Ini Wajib Kamu Datangi

Museum Galery Bahari "MUGABA" ini terletak di Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dengan menyajikan informasi yang cukup lengkap melalui berbagai diorama, arsip sejarah, film hingga simulator untuk mengendarai kapal laut.

Batujajar, BBPOS – “MUGABA” salah satu nama Museum Galery Bahari yang akan menjadi destinasi baru bagi yang ingin berwisata edukasi untuk lebih mengenal tentang kemaritiman.

Museum Galery Bahari “MUGABA” ini terletak di Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dengan menyajikan informasi yang cukup lengkap melalui berbagai diorama, arsip sejarah, film hingga simulator untuk mengendarai kapal laut.

Pengunjung juga bisa mengetahui perkembangan pelayaran Nusantara pada sebelum dan sesudah kemerdekaan di museum yang akan diresmikan dalam waktu dekat ini.

Museum Galery Bahari “MUGABA” memiliki 3 lantai. Yakni, lantai dasar akan disuguhkan koleksi berupa buku hingga lukisan yang menyangkut tentang kemaritiman dan MUGABA memiliki cafe di lantai 2.

Yang lebih seru, museum ini juga menawarkan pengunjung yang ingin melihat aktifitas danau saguling dari menara atas MUGABA di lantai 3.

Dari atas ketinggian, suasana danau yang aktifitasnya bisa langsung disaksikan dari menara dan juga sangat indah untuk diabadikan.

Juan salah satu pengelola Mugaba mengatakan bahwa di Museum Galeri Bahari nantinya pengunjung akan diajak untuk berinteraksi mulai dari kemaritiman.

“Salah satunya kita mengenalkan kemaritima kepada anak-anak sekolah. Ya, pendidikan gitu. Yang uniknya mungkin bisa kita liat secara visualisasi. Dari bangunannya yang seperti kapal laut utuk perang,” ujar Juan kepada BBPOS beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat belajar tentang kearitiman dan sejarahnya. Untuk launchingnya sendiri Mugaba sehabis lebaran. Karena menurutnya, masih banyak yang perlu ditata terutama barang-barangnya yang masih dalam tahap pengiriman.(Wit)