Salurkan Hak Suara, Begini Pesan Aa Umbara

Lembang, BBPOS – Bupati Kabupaten Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna berserta istri,Yuyun Umbara menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 Gang Murhadi Rt 3 Rw 2, Desa Lembang Kecamatan Lembang KBB, Rabu (17/4/2019) pagi.

Umbara datang ke TPS dengan menggunakan baju batik biru-orange dipadu celana kain hitam saat menyalurkan hak pilihnya.

Tiba di TPS, Ia menyalami seluruh warga yang menunggu di luar TPS dan langsung masuk tanpa antri karena keadaan sepi dalam TPS.

Bupati Bandung Barat, Umbara mengatakan, berpartisipasi dalam pencoblosan merupakan kewajiban sebagai warga negara tidak terkecuali penyelenggara Pemilu 2019.

Ia meyakini presentase partisipasi pemilih di Bandung Barat pada pemilu kali ini naik. Diketahui sebelumnya, partisipasi pemilih di Bandung Barat mencapai 77,7%.

“Saya yakin kali ini partisipasi pemilih naik. Hitungan kasar saja timses semakin banyak artinya sosialisasi juga bagus,” ungkapnya saat ditemui usai mencoblos.

Bukan tanpa alasan, prediksinya berdasar pada jumlah tim sukses Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Kab/kota dan provinsi yang tidak sedikit.

Meskipun begitu, Umbara merasa khawatir jika ada masyarakat yang kebingungan. Lantaran ukuran surat suara yang besar dan area pencoblosan tanpa foto untuk Caleg.

“Untuk pemilihan DPRD kan tidak ada fotonya, coblos di garis bisa saja dianggap tidak sah,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Umbara mengajak warga agar bersama-sama mengawasi rangkaian kegiatan pemungutan suara.

Ia pun berharap, calon yang dipilih mampu memegang amanah dengan sebaik mungkin hingga berdampak baik bagi masyarakat.

“Harapannya ya amanah, membawa kemaslahatan bagi Bandung Barat,” tutupnya. (Wit)