Menjelang Ramadhan Harga Bahan Pokok Mulai Naik

Ilustrasi Net.

Ngamprah, BBPOS – Menjelang bulan ramadhan, harga bawang berbagai jenis mengalami kenaikan cukup signifikan di pasaran.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Meterologi dan Bina Usaha Disperindag KBB, Suwandy saat ditemui BBPOS, di Komplek Perkantoran Pemerintahan Daerah Kabupaten Bandung Barat,Kamis (11/4/2019).

Menurutnya, Bahan pokok saat ini hampir seluruh pasar di Jabar mengalami kenaikan harga. Terlebih harga bawang merah yang mengalami kenaikan harga hampir dua kali lipat.

“Dari acuan harga Rp. 32ribu. Kini di KBB naik menjadi Rp. 40ribu. Sudah dari 1 bulan ini,” ujarnya, Kamis (11/4/2019).

Berdasarkan data yang diperoleh, kata dia, harga bawang di Bandung Barat cenderung lebih murah dibanding harga bawang merah di Kota Bandung.

“Untuk sementara harga tertinggi itu di Kota Bandung sampai Rp. 47.500,” terang Wandi

Selain bawang, sambung Suwandi, harga bahan pokok lainnya juga akan mengalami kenaikan. Namun, kenaikan tersebut masih berada pada batas acuan harga.

“Kalo telur naik namun pruktuatif, seperti misalnya, daging ayam naik itu karna ada beberapa pakan yang juga impor,” paparnya.

Lebih lanjut Suwandi mengatakan, mengenai kenaikan harga bawang, pihaknya belum dapat memberikan keterangan terkait faktor penyebab kenaikan bahan pokok tersebut.

“Bisa dari faktor cuaca yang menyebabkan ke hasil panen. Bisa juga faktor jarak, kita kan ngambil dari luar daerah. Sementara mah belum ada kepastian kenapa bawang naik,” tutur Wandy.

Meskipun demikian, Wandy menegaskan, ketersediaan bawang di Kabupaten Bandung Barat aman. (Wit)