Aa Umbara : Satpol PP, Damkar, dan Satlinmas Wajib Kawal Proses Demokrasi

Ngamprah, BBPOS – Selain berperan aktif dalam pembangunan nasional, Satpol PP, Pemadam Kebakaran (Damkar), dan Satlinmas wajib turut serta dalam mengawal dan menyukseskan agenda nasional saat ini yaitu Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 17 April 2019 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna pada kegiatan apel peringatan hari jadi Satpol PP ke-69, Damkar ke-100 dan Satlinmas ke-57 tingkat Kabupaten Bandung Barat, di Lapang Plasa Mekarsari, Komplek Pemda Bandung Barat, Selasa (9/4/2019).

Menurutnya, penyelenggaraan pesta demokrasi bagi bangsa Indonesia ini, aparatur negara dan seluruh komponen masyarakat khususnya di Kabupaten Bandung Barat, senantiasa berkewajiban mengawal perhelatan tersebut agar terselenggara sesuai dengan kaidah Luber, Jurdil dan bermartabat.

“Harus mampu menjadi yang terdepan melawan racun demokrasi yaitu politik uang, politisasi syara, penyebaran ujaran kebencian, fitnah dan hoax,” katanya.

Ia menambahkan, semua pihak harus memastikan bahwa kualitas berdemokrasi di Kabupaten Bandung Barat terselenggara secara elegan. Pasalnya, proses tersebut akan menjadi faktor penting dalam melahirkan pemimpin bangsa yang berkualitas.

“Mari kita bersama-sama menjaga proses demokrasi ini, karena akan menentukan nasib bangsa indonesia ke depan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Aa Umbara juga mengingatkan kepada seluruh komponen Satpol PP, Damkar dan Linmas untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketentraman seluruh masyarakat secara menyeluruh.

“Dengan kompetensi yang dimiliki dibidangnya dan ditunjang dengan kecerdasan lapangan, dan menguasai kondisi geografis, Satpol PP, Damkar, dan Satlinmas berperan penting menjagan ketentraman dan keamanan masyarakat selama proses berdemokrasi berlangsung,” katanya.

Foto bersama usai apel memperingati hari jadi Satpol ke 69

Untuk itu, kata Umbara, Pemda Bandung Barat terus meningkatkan kapasitas baik secara lembaga maupun sarana dan prasarana agar Satpol PP, Damkar dan Satlinmas dapat menjalankan fungsinya secara baik.

“Satpol PP, Damkar, dan Satlinmas merupakan unsur penting dalam perwujudan Visi Misi AKUR,” pungkasnya.(Dra)