Kesbangpol Terus Sosialisasikan Pemilu 2019 Kepada Masyarakat

Saguling, BBPOS – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melaksanakan penyuluhan pendidikan politik kepada tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan di kantor Kecamatan Saguling, Senin (8/4/2019).

Kepala Kesbangpol Bandung Barat, Jaja saat ditmui mengatakan, kegiatan sosialisasi ini terkait dengan peran-peran pemeritah sesuai yang diamanatkan dalam UU.

Dalam UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 434, Pemerinta Daerah wajib memberikan dukungan, bantuan dan fasilitas terhadap kelancaran penyelenggaraan Pemilu.

“Ini merupakan salah satu tugas pemerintah baik itu KPU dan Bawaslu, kita saling bersinergitas dalam meningkatkan partisipan masyarakat di Bandung Barat,” ucap Jaja saeusai acara.

Ia mengatakan pelaksanaan kegiatan ini, salah satu sasarannya untuk meningkatkan pemilih. Salah satunya pemilih pemula.

“Dalam kegiatan ini kita mengundang 150 orang, dan yang hadir lebih dari itu. Berarti antusias mereka cukup tinggi,” katanya.

Lebih lanjut Jaja mengatakan, sosialisasi tersebut juga telah dilaksanakan dengan melibatkan pemerintah setempat. Baik itu Camat dan Kepala Desa.

Melalui sosialisasi itu, diharapkan nantinya disosialisasikan kepada masyarakat tentang Pemilu, sehingga tingat partisipasi masyarakat terhadap Pemilu naik.

“Diharapkan mereka bisa berpartisipasi saat Pemilu nanti dengan menggunakan hak pilihnya,” pungkasnya. (Wit)