Akibat Banjir, Ratusan Pedagang di Dayeuhkolot Merugi Ratusan Juta Rupiah

Dayeuhkolot, BBPOS- Ratusan kios di Plaza Raharja dan Pasar Tradisional Dayeuhkolot terendam banjir. Akibatnya aktivitas ekonomi di kawasan tersebut lumpuh total.

Berdasarkan pantauan BBPOS di Pasar Dayeuhkolot, Kamis (04/04/2019) siang, ratusan pedagang terpaksa menutup kiosnya. Namun sebagian toko tetap buka hanya untuk menyelamatkan barang dagangannya ke tempat yang lebih aman.

Salah satu pedagang ayam potong di Pasar Dayeuhkolot, Juju Juariah (59) mengatakan, lumpuhnya kegiatan ekonomi di kawasan tersebut sudah menjadi rutinitas jika musim penghujan tiba setiap tahun.

“Banjir sudah menggenangi pasar Kamis dini hari , meluapnya sekitar jam 04 subuh. Aktivitas pasar lumpuh total,” katanya.

Juju menambahkan, banjir yang melanda kawasan tersebut untuk tahun ini sering terjadi. Biasanya kata dia, air meluap tidak sesering sekarang.

“Sekarang setiap hujan besar, air langsung meluap,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan pedagang sembako, Agus, ia mengungkapkan salah satu faktor penyebab seringnya terjadi banjir lantaran adanya kolam retensi di kawasan Cieunteung.

Akibat banjir tersebut, kata Agus, pedagang merugi hingga ratusan juta rupiah. Selain karena tidak berdagang, stok dagangan yang ada di toko mengalami kerusakan dan sebagian besar tidak dapat dijual.

“Banjir rugikan ekonomi pedagang hingga ratusan juta rupiah, tak hanya tutup namun juga banjir rendam stok para pedagang di Dayeuhkolot,” pungkasnya. (Bot)