Puting Beliung Terjang Tiga Kampung di Cipongkor

Angin puting beliung menerjang tiga kampung di wilayah Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat pada Jumat, (29/3/2019). Foto: ilustrasi/Net

Cipongkor, BBPOS – Angin puting beliung menerjang tiga kampung di wilayah Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat pada Jumat (29/3/2019) petang. Akibatnya 20 rumah rusak dan satu diantaranya nyaris rata dengan tanah.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, tiga kampung yang terdampak angin puting beliung tersebut yakni Kampung Sasak, Kampung Curug dan Kamlung Nyalindung Rw 05 Desa Mekarsari Kecamatan Cipongkor.

Kepala BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo saat dihubungi BBPOS mengatakan, dalam kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa. Namun, salah satu korban yang rumahnya mengalami rusak parah diungsikan ke tempat yang lebih aman.

“Untuk korban yang rumahnya mengalami rusak berat yakni Rohaesih usia 75 tahun warga asal Kp Cicurug, telah diungsikan ke rumah kerabatnya yang terdekat,” katanya kepada BBPOS melalui sambungan gawai, Sabtu (30/3/2019).

Rumah nyaris rata dengan tanah dihantam angin puting beliung

Masih kata Duddy, sejak Jumat malam petugas BPBD bersama unsur Koramil yang dipimpin langsung oleh Kapten Inf Furkon dan dibantu oleh unsur Kepolisian, Kecamatan, Desa dan dibantu warga melakukan evakuasi untuk membersihkan puing-puing rumah yang roboh.

“Hingga saat ini proses evakuasi dan pembersihan puing puing rumah yang roboh,” katanya.

Lebih lanjut Duddy mengatakan, rencananya hari ini, dinas terkait dari Pemda Kabupaten Bandung Barat akan mengirimkan bantuan logistik kepada warga yang terdampak.

“Rencananya BPBD dan Dinsos KBB hari ini mengirimkan bantuan logistik,” pungkasnya. (Dra)