Kehadiran IKEA di KBB, Peluang Kerja Baru Bagi Warga Bandung Barat

Padalarang,BBPOS – Kehadiran pusat belanja IKEA di Kotabaru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, diklaim bakalan menyerap tenaga kerja sebanyak 400 orang.

Selain itu, nilai investasi dari perusahaan asal swedia tersebut terbilang cukup fantastis yakni mencapai Rp 1,4 triliyun.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, dengan kehadiran IKEA di Kabupaten Bandung Barat diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jawa Barat hingga mencapai 5,67 persen pada tahun 2019.

“Jawa Barat merupakan provinsi yang probisnis bagi investor,” katanya kepada wartawan usai peletakan batu pertama IKEA, Kotabaru Parahyangan, Kamis (28/3/2019).

Ia menambahkan, sebelumnya tim telah diterjunkan Pemprov Jabar mencari tempat yang strategis untuk dibangun IKEA. Akhirnya Kotabaru Parahyangan cocok dibangun kawasan tersebut. Pasalnya, secara lokasi tidak jauh dari pintu tol Padalarang.

“Akses menuju IKEA mudah dijangkau,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, keberadaan IKEA di kabupaten Bandung Barat, mempunyai potensi untuk menambah PAD. Pasalnya, wilayah yang ia pimpin saat ini dikenal masyarakat luas sebagai daerah tujuan wisata.

“Sudah banyak yang datang ke KBB untuk berwisata, tentu akan menguntungkan juga bagi IKEA termasuk buat Kabupaten Bandung Barat,” katanya.

Masih kata Umbara, kehadiran IKEA juga harus melekatkan nama bandung Barat dibelakangnya. Hal tersebut lantaran IKEA berada di Kabupaten Bandung Barat.

“Intinya harus ada Bandung Baratnya diantara nama IKEA, kalau Bandung kan luas, ada Kota Bandung dan Kabupaten Bandung,” katanya.

Disinggung terkait peluang kerja bagi masyarakat Bandung Barat, Aa Umbara menegaskan, agar dalam pelaksanaan proyek pekerjaan bangunan IKEA dan saat beroperasi nanti 70 persen diantaranya berasal dari warga Kabupaten Bandung Barat.

“Ini kesempatan bagi warga Bandung Barat mendapatkan peluang kerja, 70 persen pekerja harus berasal dari Bandung Barat,”pungkasnya. (Dra/Dry).