Duta Pelajar Sadar Hukum dan HAM KBB Dikukuhkan

Cisarua, BBPOS – Sepuluh siswa siswi yang berasal dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bandung Barat, dinobatkan sebagai duta hukum dan HAM tingkat KBB.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, Provinsi Jawa Barat sebagai barometer indikator pembangunan nasional harus mampu diikuti oleh Kabupaten Bandung Barat.

“Salah satu program inovasi yang diselenggarakan oleh Pemprov Jabar adalah Pelajar Sadar Hukum dan Ham,” katanya dihadapan ratusan siswa SMA se-Kabupaten Bandung Barat, bertempat di SMAN 1 Cisarua, Kamis (28/3/2019).

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan yang diperuntukan bagi pelajar tingkat SMA tersebut bisa menjadi wadah dalam menambah pengetahuan dan pemahaman terkait hukum dan HAM kepada kalangan pelajar.

“Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan bisa menginformasikan kepada kalangan pelajar tentang bahayanya paham radikalisme, mengurangi tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba dan lain-lain, ” tambahnya.

Selain itu, kata Umbara, dengan disosialisasikannya tentang ketaatan kepada hukum melalui Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM di KBB, diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusi di Bandung Barat.

“Pelajar Bandung Barat tidak hanya mengetahui pengetahuan tentang Hukum dan HAM saja, akan tetapi pengetahuan tentang perlindungan hukum pun harus diketahui,” katanya.

Aa Umbara juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat di Bandung Barat untuk ikut berperan aktif dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait hukum dan HAM kepada masyarakat secara luas.

“Ini merupakan tanggung jawab semua pihak, bukan hanya pemerintah saja,” katanya.

Aa Umbara juga berpesan kepada pelajar yang menjadi Duta Hukum dan HAM KBB, agar menjadi contoh bagi lingkungannya. ( Dra/Dry)