Hengki : Pemda KBB Bangun Enam Pasar Semimoderen

Padalarang,BBPOS – 6 pasar tradisional bakalan dibangun Pemda Bandung Barat. Rencananya, pembangunan tersebut rampung pada tahun 2020-2021.

Keenam pasar tersebut berada di enam kecamatan berbeda di KBB diantaranya adalah Kecamatan Cisarua, Kecamatan Sindangkerta, Kecamatan Cipeundeuy, Kacamatan Cikalong Wetan, Kacamatan Gunung Halu, dan Kecamatan Rongga.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, pada akun Instagramnya @HengkiKuniawan, Selasa (26/3/2019).

Menurut Hengki, pada tahun ini pihaknya (Pemda Bandung Barat) tengah fokus pada konsep pasar dan penyelesaian Detail Enginering Design (DED) atau perencanaan pembangunan fisik pasar.

“Rencananya enam pasar tersebut, akan dibangun dengan konsep pasar semi moderen yang dilengkapi aneka kuliner, bersih, nyaman dan tidak kumuh,” katanya.

Untuk merealisasikan pembangunan pasar tersebut, lanjut Hengki, Pemda KBB terus berkoordinasi dengan pihak Desa dalam penyediaan lahan untuk pembangunan pasar. Selain itu, memprioritaskan penyediaan lahan juga sebagai upaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika proyek pembangunan pasar berjalan.

“Ada contoh kasus, untuk pembangunan pasar di cikalongwetan tidak bisa dilaksanakan karena terganjal lahan milik Desa, yang tidak mau dikerjasamakan. Akibatnya bantuan hampir 11 miliar harus dikembalikan ke pusat,” ujar Hengki.

Dalam postingannya, Hengki juga menyinggung terkait anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan 6 pasar tersebut. Nilai anggaran yang diberikan bervariasi untuk setiap pasar, mulai Rp 30 miliar sampai Rp 75 miliar.

“Untuk saat ini, pasar yang sudah dibangun baru di Kecamatan Lembang, Kecamatan Batujajar dan Kecamatan Padalarang. Seda ngkan pasar Tagog Kecamatan Padalarang InshaAllaah akan dibangun tahun ini. Mohon doanya,” pungkas Hengki. (Dra)