Aa Umbara: 10 SKPD Siap Fasilitasi Buper IPS

Cimareme, BBPOS – Sepuluh SKPD di lingkup Pemda Bandung Barat dikerahkan untuk memfasilitasi pengembangan objek wisata Bumi Perkemahan (Buper) Indonesia Power Saguling.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, lokasi Buper yang berada tepat di Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor tersebut, mempunyai potensi wisata yang bagus. Oleh karena itu, Pemda Bandung Barat langsung bergerak cepat untuk membangun kawasan Buper IPS.

“Sepuluh dinas sudah siap untuk pengembangan Buper Cipongkor. Mulai dari sarana PJU (penerangan jalan umum), toilet, kelengkapan panggung dan sarana lainnya,” ujar Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, Kamis (14/3/2019) saat membuka Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Bandung Barat Tahun 2019 di Aula HBS Cimareme.

Buper milik PT Indonesia Power yang diinsiasi Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka KBB tersebut, akan dikembangkan menjadi buper yang serba lengkap. Mulai dari area perkemahan, wisata edukasi hingga sarana olahraga dan hiburan.

Dengan demikian Bandung Barat bagian selatan, ke depannya menjadi salah satu daerah tujuan wisata. Hadirnya Buper IPS diharapkan menjadi penyangga ekonomi masyarakat sekitarnya.

“Paling tidak wilayah selatan terangkat ke permukaan dengan adanya buper yang sekaligus dijadikan tempat wisata,” imbuhnya.

Umbara juga mengatakan, tergalinya Buper IPS tidak terlepas dari Kwarcab Gerakan Pramuka KBB yang menjadi pelopor membuka potensi tersebut. Terjunnya Pramuka di tengah-tengah masyarakat, hendaknya bisa diikuti oleh para Kepala SKPD untuk mengetahui kondisi riil di desa-desa.

“Saya minta para Kepala Dinas untuk turun ke desa-desa supaya mengetahui persis kondisi di lapangan,” tegasnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB Aseng Djunaedi menyatakan resfeknya Bupati Bandung Barat untuk mengembangkan Buper IPS menjadi motivasi bagi Kwarcab KBB untuk melakukan berbagai aktifitas di tengah-tengah masyarakat.

Ia berharap dengan atensi bagus dari bupati tersebut, bisa segera direspon positif oleh manajemen PT Indonesia Power. “Kita berharap GM PT IP, segera mengeluarkan surat persetujuan untuk pengelolaan buper itu. Karena tujuan kita, mengelolanya juga ingin ikut menjaga dan melestarikan aset negara ini,” tuturnya.

Aseng juga menambahkan, jika pihaknya ingin mengelola Buper IPS tersebut sebagai salah satu bentuk upaya Pramuka KBB untuk menggiatkan kembali gerakan Pramuka KBB yang selama ini nyaris tenggelam.

“Hari ini kita menyelenggarakan raker, tujuan utamanya untuk membangkitkan motivasi gerakan Pramuka sampai tingkat bawah,” ucapnya.

Sementara Ketua Panitia Rakercab Gerakan Pramuka KBB Entang Rustama menambahkan rakercab tersebut diikuti oleh unsur kwarana 10 orang yang terdiri dari andalan ranting, Dewan Kerja Ranting (DKR), Mabiran dan Mabisa. Selain itu unsur Kwarcab terdiri dari Andalan Cabang, Pusdiklatcab dan Dewan Kerja Cabang (DKC) serta Mabicab.

“Yang hadir seluruhnya 300-an orang. Dari unsur Kwarda dihadiri Ketua Harian H. Baim Setiawan dan Ketua DKD Ridwan Syahputra,” terangnya. (Hens)