Postur Anggaran Kurang, Umbara Pastikan RPJMD 2019 Pro Rakyat

Padalarang,BBPOS – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, berharap program yang dituangkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) KBB dalam RPJMD 2019, lebih menyentuh pada pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Menurutnya, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) KBB, harus mampu mengimplementasikan program Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat dibawah kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, Hengki Kurniawan yakni dengan visi Aspiratif, Kreatif, Unggul dan Religius (AKUR).

Pasalnya, program tersebut bukan semata-mata hanya keinginan dirinya sebagai Kepala Daerah saja, melainkan merupakan keinginan masyarakat Bandung Barat.

“Program yang dijalankan harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat,” katanya kepada wartawan usai kegiatan RPJMD KBB 2019, bertempat di Hotel Manson Pine, Kotabaru Parahyangan, Rabu (12/3/2019).

Aa Umbara menjelaskan, dirinya selama beberapa pekan terakhir turun langsung ke daerah-daerah di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui kondisi objektif masyarakat Bandung Barat.

“Saya sebulan lebih langsung turun ke daerah selama tiga hari setiap pekan, agar mengetahui keinginan dan kebutuhan masyarakat Bandung Barat,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan melihat postur anggaran yang dirasa belum memadai untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, ia mendorong kepada SKPD yang berpeluang menghasilkan pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk bekerja semaksimal mungkin.

“Untuk menghasilkan PAD, Dinas dinas yang mampu menghasilkan produk harus bisa membantu melalui hasil yang diperoleh,” tambahnya.

Kendati sempat kecewa dengan program sebagian SKPD dalam RPJMD 2019 yang dirasa belum menyentuh pada visi AKUR, Aa Umbara Sutisna mengaku, program yang dicanangkan sudah menggambarkan keinginannya saat ini.

“Programnya sudah bagus tinggal implementasinya saja,” katanya.

Aa Umbara menargetkan pada akhir tahun 2020 mendatang, program tersebut bisa sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat Bandung Barat.

“Kita lihat nanti akhir tahun 2020, dan saya optimis akan banyak pencapaian,” pungkasnya. (Dra/Dry)