Dispora KBB Mulai Seleksi Calon Paskibraka 2019

Ngamprah,BBPOS – Untuk mempersiapkan upacara perayaan HUT RI ke 74 pada 17 Agustus 2019 mendatang, Pemda Bandung Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) KBB melaksanakan seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019.

Pelaksanaan seleksi yang diperuntukkan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat tersebut, dilaksanakan sejak 4 Maret 2019 dan rencananya berakhir pada tanggal 20 Maret 2019.

Kepala Bidang Kepemudaan Dispora, Mamun Hidayat saat ditemui di ruangannya mengatakan, peserta seleksi berasal dari utusan SMA/SMK dan sederajat yang ada di Bandung Barat, hingga saat ini antusiasme pelajar yang datang sangat luar biasa.

“Seleksi ini juga melibatkan para purna Paskibra,” katanya, Senin (11/3/2019)

Para calon pasukan pengibar bendera pusaka kata Mamun, akan mengikuti beberapa tahapan seperti pengukuran tinggi badan dan berat badan. Untuk tinggi badan putera minimal 170 cm dan putri 160 cm.

Selanjutnya tahapan yang akan dilalui selama seleksi jika dinyatakan layak dari segi tinggi badan. Para calon anggota Paskibra akan dibekali ketarampilan PBB (Peraturan Baris Berbaris).

Sebelumnya kata Mumun, para calon anggota Paskibra akan diuji terkait ketahanan fisiknya berupa tes kesehatan jasmani dalam bentuk push up dan set up. Kemudian test pengetahuan umum, budaya dan psiko test.

Sedangkan jumlah yang akan diterima menjadi anggota Paskibraka sebanyak 36 orang. Dari jumlah itu, dua anggota terbaik akan dikirim untuk mengikuti seleksi provinsi.

“Hasil seleksi calon anggota Paskibraka ini akan kita umumkan tanggal 25 Maret,” pungkas Mamun Hidayat. (Wit)