Yosep Sampaikan Permintaan Maaf Secara Langsung Kepada Suwitno

Ngamprah,BBPOS – Yosep alias Jos meminta maaf secara langsung kepada Suwitno Gymnastiar, salah satu wartawan Bandung Barat Pos. Com atas tindakannya yang memicu kesalahpahaman.

Seperti pada pemberitaan sebelumnya, Yosep yang merupakan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di lingkup Protokoler Kabupaten Bandung Barat, menarik Suwitno dari belakang dan menanyakan identitas wartawan BBPOS (Suwitno) usai mewawancarai Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna beberapa waktu lalu.

Dalam audiensi yang disaksikan langsung oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas KBB, Heri Mustika juga Pengurus PWI KBB tersebut, Yosep mengaku tidak bermaksud untuk mengintimadasi maupun menghalang-halangi media dalam memperoleh informasi. Namun, apa yang dia lakukan kepada Suwitno memang tidak etis.

“Saya tidak bermaksud apapun,hanya bertanya saja dari media mana,” katanya kepada Suwitno dan redaksi Bandung Barat Pos.com, di Kantor Kabag Humas KBB,Jumat (2/3/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Yosep langsung meminta maaf kepada Suwitno dan jajaran redaksi Bandung Barat Pos.com. Ia juga akan memperbaiki cara berkomunikasi dengan insan pers untuk kemudian hari lebih baik lagi.

“Saya meminta maaf kepada semuanya atas tindakan saya kemarin, dan ini merupakan pelajaran berharga bagi saya,” katanya seraya bersalaman kepada Suwitno.

Disinggung terkait pelaku penyikutan kepada Suwitno, Yosep mengatakan,dirinya tidak mengenal identitas pelaku bahkan ia tidak mengetahui kejadian tersebut.

“Terkait yang menyikut Uwit saya tidak tau,lantaran ketika sudah bertanya kepada Suwitno saya langsung bergegas pergi,”paparnya.

Sementara itu, Suwitno, menerima permintaan maaf yang disampaikan Yosep secara langsung tersebut. Ia mengatakan, bahwa permintaan maaf tersebut yang ia tunggu selama ini. Selanjutnya, Uwit sapaan akrabnya, berharap kejadian serupa tidak terulang kembali dikemudian hari.

“Saya terima permintaan maaf ini dengan setulus hati, ” katanya.

Sementara itu, Kabag Humas KBB, Heri Mustika dalam kesempatan tersebut mengatakan,Pemda dan media merupakan mitra dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu, sudah seyogyanya hubungan baik harus selalu dijaga.

“Kitakan mitra (Pemda dan media), dan saya merasa bahagia dan senang kedua belah pihak sudah islah,” katanya.

Ketua PWI KBB, Heni Suhaeni sebagai fasilitator pertemuan ini mengatakan, dirinya merasa bersyukur permasalahan akibat dari miss komunikasi ini bisa diselesaikan secara baik-baik.Dalam kesempatan tersebut ia juga menegaskan bahwa wartawan dalam menjalankan tugasnya dilindungi oleh Undang-undang dengan catatan si wartawan saat melaksanakan tugasnya berpegang teguh pada kode etik jurnalistik.

“Ini sebagai bentuk proteksi (perlindungan) kami terhadap anggota (PWI) saat menjalankan tugas mendapat perlakuan yang tidak semestinya,” katanya.

Untuk kedepannya lanjut Heni, ia berharap kejadian serupa tidak terulang kembali. Sebagai Ketua PWI KBB, Heni menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang turut serta dalam penyelesaian permasalahan ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kesbangpol KBB, Protokol dan Humas KBB yang ikut berperan aktif dalam penyelesaian masalah ini, mudah-mudahan menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak,” katanya.

Sementara itu,Pemimpin Redaksi Bandung Barat Pos.com, Hendri Nasir, mengapresiasi itikad baik Yosep dengan mengklarifikasi kejadian yang terjadi sehingga duduk persoalan menjadi jelas dan secara langsung menyampaikan permintaan maaf.

“Duduk persoalan jelas,saudara Yosep tidak mempunyai motif apapun dalam kejadian tersebut,” katanya.

Hendri juga menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang telah ikut serta dalam penyelesaiaan persoalan ini. Ia secara khusus menyampaikan terima kasih kepada jajaran pengurus PWI Kabupaten Bandung Barat yang telah memfasilitasi dan menjembatani pertemuan dengan pihak Pemda Bandung Barat yang bisa mengahadirkan Yosep .

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bu Heni (Ketua PWI KBB) beserta jajaran pengurus yang telah membantu permasalahan ini selesai, juga jajaran Humas dan Protokoler KBB yang telah koperatif membantu permasalahan ini selesai,”katanya.

Ia juga tidak lupa menyampaikan terimakasih kepada seluruh insan pers dimanapun berada,yang ikut berempati dengan kejadian yang menimpa pewartanya.

“Saya juga berterima kasih kepada seluruh wartawan yang ikut prihatin dan membantu permasalahan ini selesai,” pungkasnya. (Redaksi BBPOS)