Kesbangpol KBB Sosialisasikan Pentingnya Pendidikan Politik

Ngamprah, BBPOS – Untuk meningkatkan pemahaman atas aturan perundang-undangan dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Barat, mengadakan kegiatan temu/dialog bersama para Calon anggota Legislatif (Caleg) DPRD KBB, bertempat di Kecamatan Parongpong, (19/2/2019) kemarin.

Kegiatan yang dihadiri oleh 138 orang Caleg DPRD KBB Daerah Pemilihan (Dapil) tiga yakni Kecamatan Lembang,Kecamatan Parongpong dan Kecamatan Cisarua tersebut, merupakan salah satu bentuk nyata pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat dalam menyukseskan Pemilu tahun 2019.

Kepala Kesbangpol KBB, Jaja mengatakan, pendidikan politik adalah hal penting yang harus diperoleh para Caleg dalam menghadapi pemilihan legislatif (Pileg) yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang. Pasalnya,kesuksesan pelaksanaan Pileg dan Pilpres dibutuhkan peran semua pihak termasuk para Caleg itu sendiri.

“Kami memfasilitasi pendidikan politik kepada para caleg yang berasal dari 16 partai peserta pemilu tahun 2019,khususnya terkait pelaksanaan pemilu,” katanya kepada BBPOS, di kantornya,Rabu (20/2/2019).

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut lebih menitik beratkan kepada dua hal yakni pertama meningkatkan kesadaran politik bagi para Caleg di Kabupaten Bandung Barat, kedua peningkatan kesadaran hak dan kewajiban kepada para Caleg agar pelaksanaan pemilu sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Hal penting yang harus diingat adalah pemilu harus tertib dan aman, tanpa hoax, tanpa politik uang, isu SARA, dan pemilu yang santun,” katanya.

Jaja berharap, dengan kegiatan seperti ini,mampu memberikan manfaat berupa pendidikan di bidang politik bagi seluruh masyarakat khususnya para Caleg DPRD KBB. Oleh karena itu, ia juga menekankan kepada seluruh masyarakat untuk mewujudkan pemilu pada Pilpres dan Pileg pada 17 April 2019 mendatang yang aman dan kondusif di Kabupaten Bandung Barat.

“Kita semua berharap tentunya pelaksanaan pemilu di Kabupaten Bandung Barat berjalan lancer,” harapnya.(Dry/Wit)