Kakwarcab Plong Edaran Berseragam Pramuka Direalisasikan Pejabat Struktural

Ngamprah BBPOS- Surat Edaran Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna tentang kewajiban bagi pejabat struktural berseragam Pramuka pada setiap tanggal 14, ternyata direalisasikan.

Tepatnya pada tanggal 14 Februari 2019, sebagai hari pertama pemberlakuan edaran tersebut, para pejabat struktural di lingkungan Pemda KBB mengenakan seragam Pramuka.

Tidak terkecuali dengan bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing (Mabi) Gerakan Pramuka KBB nampak memakai seragam Pramuka juga.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka KBB Aseng Djunaedi menyatakan kelegaannya atas kekompakan para pejabat struktural KBB berseragam Pramuka tersebut.

“Saya selaku Kakwarcab dan jajaran pengurus beserta seluruh anggota Pramuka se-KBB mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pak Bupati yang sudah berhasil membangkitkan kembali semangat baru gerakan pramuka di KBB,” ucapnya, Kamis (14/2/19) di Ngamprah.

Seperti yang digelorakan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat bahwa keberadaan Pramuka harus katara (kelihatan), karasa (terasa) dan karampa (kepegang) hasilnya oleh masyarakat. Kata Aseng, dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh bupati tersebut bisa menjadi tonggak awal kebangkitan Gerakan Pramuka di KBB.

Ia juga tidak menyangka pada hari perdana memakai seragam Pramuka di KBB bisa sekompak itu. Pasalnya, surat edaran bupati sebenarnya belum mewajibkan pada tingkatan pegawai pelaksana. Namun banyak diantaranya Aparatur Sipil Negara (ASN) tingkatan pelaksana yang berseragam pula.

Hal itu kata Aseng menunjukan kesadaran para pegawai KBB cukup tinggi, sehingga ia mengapresiasinya. Bahkan ia berani menyatakan jika setiap tanggal 14 merupakan Hari Kesadaran Berpramuka.

Aseng juga menggulirkan akan ada aksi Gerakan Pramuka pada setiap tanggal 14 tersebut, selain berseragam. Sebagai langkah awal pada 14 Marer mendatanga, ia akan menggelorakan Pramuka KBB bersholawat di Mesjid As-Sidiq.

“Luar biasa. Jangan ditanya kalau soal di sekolah-sekolah, di lapangan plaza KBB juga berkumpul para siswa siswi SD.dan Himpaudi., juga SLB dari Ngamprah Raya berpakaian seragam pramuka dengan menampilkan berbagai kreatifitasnya, terangnya penuh kekaguman.(Hens)