IKIP Siliwangi Dorong Mahasiswanya Berinovasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran

Malaysia, BBPOS – 37 mahasiswa pasca sarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Bandung, mengikuti kegiatan Internasional Field Study (IFS), selama tiga hari ke negara jiran malaysia.

Peserta yang terdiri dari 29 mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia serta 8 orang mahasiswa Pasca Sarjana Jurusan Ilmu Pendidikan Masyarakat tersebut, akan menjalani beberapa rangkaian kegiatan terkait edukasi pada tanggal 12 Februari sampai 13 Februari 2019.

Dalam kegiatan yang belangsung selama dua hari tersebut, kegiatan yang akan dijalani oleh mahasiswa diantaranya adalah lawatan ke Universiti Putra Malaysia, kunjungan ke Sekolah Menengah Kebangsaan Maahad Hamidah Malaysia dan yang terakhir yakni kunjungan ke kedutaan RI di Malaysia.

Wakil Rektor IKIP Siliwangi, Euis Rohaeti mengatakan, kegiatan IFS ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan IKIP siliwangi setiap tahun. Hal tersebut bertujuan untuk menambah wawasan tentang inovasi pembelajaran yang tidak hanya diperoleh dari dalam negeri saja.

“Ini adalah kegiatan ke delapan yang berhasil digelar oleh IKIP siliwangi Bandung,” katanya kepada BBPOS di sela sela kegiatan bersama mahasiswa, Minggu (11/2/2019).

Ia menambahkan, program ini akan terus di kembangkan untuk menambah wawasan kepada para mahasiwa lulusannya. Lebih lanjut ia mengatakan, untuk kedepannya negara tujuan tidak hanya benua asia saja, melainkan ke benua lainnya.

“Nanti kita akan coba ke benua yang lain,” katanya.

Sementara itu, Ketua Prodi, Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, IKIP Siliwangi Bandung, Teti Sobari mengatakan, melihat antusiasme dalam melakukan IFS. Diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman baru dan mengenal kehidupan sosial budaya di Malaysia khususnya bidang pendidikan.

“Saya senang melihat mahasiswa antusias dan bahagia,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk kedepannya mahasiswa diharapkan mampu membandingkan sistem pendidikan dan pembelajaran di negara lain serta mengimplementasikan inovasi pembelajaran tersebut, dalam melaksanakan profesinya (guru atau praktisi pendidikan).

“Saya harap lulusan kita (IKIP siliwangi) mampu mengimplementasikannya. (Dra)