Dedi Gusdiar : Satgas Citarum Harum Tetap Kompak

Bandung , BBPOS – Sepanjang pelaksanaan program Citarum Harum seluruh komponen Satuan Tugas (Satgas) yang terdiri dari unsur TNI, Pemerintah Daerah (Pemda), pegiat lingkungan, masyarakat dan elemen lainnya telah melakukan upaya rehabilitasi sungai Citarum dengan maksimal termasuk pengelolaan keuangan.

Hal tersebut diungkapkan oleh pegiat lingkungan, Gerakan Terbuka Bersama Masyarakat Jawa Barat, Dedi Gusdiar kepada wartawan, Minggu (6/1/2019).

Menurutnya, pelaksanaan program Citarum Harum yang dilakukan dari sektor 1 sampai 22 telah berjalan dengan baik. Terbukti, kondisi DAS Citarum lebih baik dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian Citarum mulai tumbuh.

“Setiap hari Satgas Citarum Harum yang terdiri dari personel TNI bersama masyarakat dan elemen lainnya dengan kompak dan tidak mengenal lelah terus melakukan pembersihan Citarum pagi, siang, malam tanpa mengenal libur,” katanya.

Ia menambahkan, selain kegiatan tersebut satgas Citarum Harum juga mengawasi aktifitas pabrik untuk mencegah pembuangan limbah pabrik langsung ke sungai tanpa melalui proses sterilisasi limbah melalui Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL). Pasalnya, hal itu merupakan salah satu sebab tercemarnya air DAS Citarum.

Sementara itu, ia berharap kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk tidak mamatahkan semangat para Satgas Citarum Harum, pegiat lingkungan dan seluruh elemen masyarakat yang telah bersama-sama membangun sinergitas untuk mengembalikan Citarum yang bersih dan lestari.

“Mari kita SAUYUNAN mengharumkan lagi Citarum,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Dedi Gusdiar juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah ikut berkontribusi dalam mendukung program Citarum Harum dengan ikut serta menjaga dan melestarikan DAS Citarum agar kembali bersih untuk kemaslahatan bersama.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada prajurit Siliwangi dan seluruh elemen yang terlibat di dalamnya,” pungkasnya.