Relawan Asal AS Mengajar di Madrasah Aliyah Negeri KBB

Cililin, BBPOS – Ada hal yang menarik perhatian banyak orang dalam kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama (Kemenag) Tingkat Kabupaten Bandung Barat yang bertempat di Lapangan Alun-alun Cililin, Kamis (3/1/2018).

Diantara ratusan orang peserta kegiatan upacara HAB Kemenag ke-73 yang didominasi oleh guru madrasah tersebut, terdapat satu orang wanita bule berparas cantik dengan pakaian kemeja putih dan rok berwarna hitam khas Kemenag berada diantara peserta. Hal tersebut menarik perhatian banyak orang dan tidak sedikit memanfaatkan momen itu dengan berfoto bersama.

Wanita berambut pirang tersebut bernama Jessica Gadan yang berasal dari New Orland, Amerika Serikat dan merupakan relawan tenaga pengajar yang bertugas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bandung Barat untuk mata pelajaran bahasa Inggris.

“Saya disini mengajar bahasa inggris untuk dua tahun ke depan,” katanya kepada BBPOS di sela kegiatan HAB Tingkat Kabupaten Bandung Barat dengan bahasa Indonesia yang belum fasih.

Ia mengatakan, ada satu penampilan yang membuat dirinya antusias menyaksikan rangkaian kegiatan HAB, yakni ketika para siswa madrasah melakukan tari saman asal Aceh. Menurutnya, tarian tersebut unik dan memiliki nilai seni yang tinggi.

“Tadi saya senang lihat tari (Tari Saman, red), bagus,” katanya.

Ia menjelaskan, keberadaannya pada tiga pekan pertama di Cililin, Jessica merasa nyaman dan aman berada di Indonesia. Masyarakat yang ia kenal sangat ramah dan bersahabat pada dirinya kendati baru beberapa pekan mengenalnya.

“Everybody very friendly (Semua orang sangat bersahabat), dan saya diberikan banyak makanan,” katanya seraya tersenyum lebar.

Lebih lanjut ia mengatakan, dirinya sangat senang mengajar di madrasah yang notabene adalah lembaga pendidikan yang kental dengan pendidikan agama islam. Jessica pun sangat mengagumi kehidupan masyarakat Indonesia yang majemuk tapi tetap hidup rukun dan berdampingan.

“Para pelajarnya baik dan saya sangat kagum kepada warga Cililin, nice,” pungkasnya. (DRA)