2019 Situ Ciburuy Ganti Penampilan

Ngamprah, BBPOS – Penataan kawasan wisata Situ Ciburuy dengan konsep moderen akan segera terealisasi pada tahun 2019 mendatang. Pasalnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengunggah gambar rencana tersebut melalui akun instagram beredar luas di kalangan masyarakat.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, menyambut baik rencana penataan kawasan wisata Situ Ciburuy yang akan terealisasi pada tahun 2019.

Menurutnya, rencana tersebut sudah dibicarakan sejak lama dan kembali dibahas pada kegiatan Shalat Shubuh berjamaah, bertempat di masjid Al-Irsyad, Kotabaru Parahyangang, Minggu (30/12/2018) kemarin.

“Penataan Situ Ciburuy sudah dibahas sejak lama bersama Pa Gubernur (Ridwan Kamil), dan saya sangat gembira juga masyarakat Bandung Barat,” ujarnya kepada BBPOS usai kegiatan Maulid Nabi Muhammad Saw, di Masjid Ash-Shidiq, Komplek Pemda Bandung Barat, Senin (31/12/2018).

Ia menambahkan, jika penataan Situ Ciburuy sudah dilaksanakan pilihan tempat wisata bisa bertambah di Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, selama ini destinasi wisata yang menjadi tujuan wisatawan tertuju ke wilayah Cisarua, Parongpong dan Lembang.

“Penataan selesai mudah-mudahan bisa menarik wisatawan lokal sampai mancanegara untuk berkunjung ke Situ Ciburuy,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, rencananya dana untuk anggaran penataan Situ Ciburuy sepenuhnya dibiayai oleh Pemprov Jawa Barat. Selain itu, Aa Umbara menyerahkan sepenuhnya kapada pihak Pemprov Jabar terkait pendanaan dan tehnis pembangunan.

“Untuk dana itu sekitar Rp 30 miliar sepenuhnya dari Pemprov Jabar, dari mulai lelang dan tehnis saya serahkan sepenuhnya jadi kita (Pemda) menerima manfaat saja,” katanya.

Disinggung terkait pengelolaan kawasan Situ Ciburuy, Aa Umbara mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terkait pengelolaan. Pasalnya, Situ Ciburuy dapat menjadi salah satu tempat wisata yang bisa menghasilkan PAD bagi Bandung Barat.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan Pa Gubernur terkait pengelolaan, tapi selama ini Pa Ridwan Kamil tidak mengurusi hal tersebut. Yang terpenting Situ Ciburuy yang sudah melegenda melalui lagu Situ Ciburuy laukna hese dipancing berpenampilan menarik,” pungkasnya. (Dra)