Pemda KBB Luncurkan Bumdes Bersama, Wujudkan Program Desa Mart

Lembang, BBPOS – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat meluncurkan program Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bersama, untuk mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat melalui kegiatan ekonomi berbasis Pemerintah Desa, bertempat di Hotel Panorana Lembang, Kamis (27/12/2018).

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, peluncuran program tersebut sebagai upaya optimalisasi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemerintah desa. Salah satunya dengan membentuk usaha Desa Mart.

“Salah satu program unggulan BUMDES bersama adalah dengan membangun usaha Desa Mart,” Katanya kepada wartawan usai membuka kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan, dengan modal yang berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) jika dihimpun dalam satu wadah, maka akan terkumpul modal yang cukup besar yang bisa diperuntukan untuk kegiatan usaha yang berbasis desa.

“Desa Mart bisa menjadi sebuah usaha yang bisa memberikan banyak manfaat,” tambahnya.

Ia menambahkan, Desa Mart tidak perlu takut untuk menjual produk kebutuhan masyarakat. Pasalnya, harga jual yang ditawarkan kepada masyarakat lebih kompetitif dengan mini market moderen yang lebih dulu ada.

“Kita akan kerja sama dengan investor untuk pengadaan barang dagangan,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sampai saat ini dari 165 desa yang berada di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Sudah 51 Desa yang mendaftarkan diri bergabung dalam BUMDES Bersama Kabupaten Bandung Barat.

“Pasarnya sudah ada, ga usah takut,” katanya.

Sementara itu, Kabid Kerjasama dan Pengembangan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bandung Barat, Deni Ahmad mengatakan, melalui program BUMDES Bersama diharapkan mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat.
“Program prioritas ini diharapkan mampu menjadi penggerak roda ekonomi masyarakat,”katanya. (Wit/Dry)