Gowes Baraya Bandung Peduli Revitalisasi DAS Citarum

Cihampelas, BBPOS – Mengayuh sepeda menyusuri jalanan seraya menikmati keindahan alam, ternyata tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan diri sendiri saja. Namun dari hobi tersebut bisa memberikan banyak manfaat bagi orang lain dan lingkungan.

Salah satu kegiatan sosial yang dilakukan komunitas sepeda yang bernama Gowes Baraya Bandung misalnya. Yakni menjadi bagian dalam acara ecolitera yang diselengarakan oleh Yayasan Bening Saguling beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan tersebut, anggota Gowes Baraya Bandung berkesempatan untuk ikut serta dalam revitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum melalui budaya literasi dengan mengangkat tema pentingnya peran manusia dalam melestarikan alam sekitar lingkungannya.

Wakil Ketua Gowes Baraya Bandung, Rannu Kaznu mengatakan, salah satu program yang sedang dijalankan oleh komunitas sepeda Gowes Baraya Bandung saat ini adalah “Gowes Sayang Bumi”. Oleh karena itu, pihaknya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk ikut serta dalam acara yang memberikan manfaat untuk masyarakat dan lingkungan tersebut.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ecolitera ini, kerena kami bisa ikut berpartisipasi dan berkontribusi,” katanya.
Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan seperti ini dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk para pecinta sepeda didalamnya diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran semua pihak untuk terus melestarikan sungai Citarum.

“Anggota GBB sendiri sudah teregistrasi sekitar 400 orang dan jika semuanya terlibat mudah mudahan bisa memberikan kontribusi positif untuk salah satu progaram pemerintah dan semua pihak dalam merevitalisasi DAS Citarum.” Tambahnya.

Ia menghimbau kepada seluruh pecinta sepeda khususnya, untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan melestarikan lingkungan. Pasalnya, aliran sungai Citarum saat ini dalam kondisi memprihatinkan akibat paparan limbah pabrik dan masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

“Mudah-mudahan pecinta gowes lebih banyak lagi yang peduli terhadap program revitalisasi DAS Citarum ini, dan untuk kedepannya kami siap dilibatkan kembali dalam kegiatan serupa seperti ini,” pungkasnya. (DS)