Ketan Bakar Lembang Primadona Makanan Udara Sejuk

Lembang, BBPOS – Lembang merupakan salah satu tempat tujuan utama untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Kawasan yang terkenal sejuk tersebut tidak hanya dikenal oleh destinasi wisatanya saja yang beraneka ragam. Namun untuk wisata kuliner pun Lembang memberikan banyak pilihan bagi wisatawan.

Salah satunya adalah ketan bakar, makanan tersebut merupakan salah satu makanan khas yang cocok disantap bersama keluarga di udara yang dingin karena disajikan panas disertai bumbu kacang, oncom dan parutan kelapa (serundeng).

Salah satu kios penjaja makanan ketan bakar itu adalah milik ibu iyoh, ia mengaku menjual penganan khas Lembang itu sejak 19 tahun yang lalu. Dengan harga yang relalif murah yakni Rp 7000 per porsi para pelanggan sudah bisa menikmati ketan bakar panas dengan citarasa luar biasa tersebut.

“Ketannya dibakar dulu agak setengah matang lalu dibumbui kacang dan oncom dan ditaburi kelapa serundeng,” katanya kepada BBPOS, Sabtu (22/12/2018).

Ia mengaku, dalam satu hari, Iyoh mampu menjual hingga 100 ketan perhari. Selain itu, ibu dari dua orang anak tersebut mempunyai pelanggan sendiri sejak belasan tahun yang lalu dan itu menjadi pelanggan ketan bakar miliknya sampai saat ini.

“Lumayanlah ada buat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” katanya.

Namun demikian, jika musim libur panjang tiba, tidak sepenuhnya berpengaruh banyak pada penjualan ketannya. Pasalnya, jika macet panjang pembeli enggan parkir karena kondisi lalulintas yang tidak memungkinkan untuk menepi.

“Kalau siang macet agak sepi, tapi malamnya rame,” katanya.

Tapi Iyoh tetap bersyukur untuk rejeki yang ia peroleh dari penjualan ketan bakar mampu mnyekolahkan kedua anaknya hingga jenjang perguruan tinggi. (WIT)