Pegiat Bonsai Berharap Pemda KBB Menyediakan Tepat Khusus

Rahmat Menunjukan Berbagai Penghargaan dalam Kontes Bonsai Bertaraf Nasional, Minggu (16/12/2018)

Cihideung, BBPOS – Bandung Barat merupakan salah satu wilayah penghasil bongsai terbaik di Indonesia. Terbukti, tanaman bonsai asal Desa Cihideng, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat ini, sering menyabet penghargaan dalam berbagai kontes bonsai tingkat nasional.

Menurut salah seorang pemilik usaha centra bonsai, Rahmat, kualitas bonsai yang berasal dari Kabupaten Bandung Barat sering meraih penghargaan tingkat nasional dalam berbagai kontes. Hal tersebut menjadi motivasi tersendiri bahwa bonsai asal Bandung Barat memiliki kualitas yang bagus dan kompetitif di pasar nasional bahkan internasional.

“Bonsai asal KBB sering meraih penghargaan dalam kontes bonsai nasional,” katanya kepada BBPOS, Minggu (16/12/2018).

Ia menambahkan, dari sisi ekonomi budidaya bonsai memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Betapa tidak, semakin sering mengikuti kontes dan memenangkan penghargaan, secara tidak langsung mendongkrak harga jual dan hal itu akan menambah pendapatan bagi pegiat budidaya bonsai itu sendiri dari mulai petani, pengusaha, pemburu, kolektor bahkan trainer (perawat khusus bonsai).

“Bonsai asal Bandung Barat diperthitungkan di pasar nasional dan internasional, bahkan permintaan bonsai untuk kontes meningkat,” tambahnya.

Namun demikian, potensi ekonomi tersebut belum dibarengi dengan dukungan penuh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat. Oleh karena itu, Rahmat berharap kepada Pemda KBB agar menyediakan lahan khusus bagi pegiat tanaman bonsai dengan membuat tempat centra bonsai. Hal tersebut akan membantu dari sisi pemasaran dan pengunjung pun akan mudah mencari tempat penjualan bonsai jika disediakan khusus oleh Pemda KBB.

“Saya berharap Pemda KBB menyediakan tempat khusus bagi penghobi bonsai disuatu tempat (terpusat), seluruh pegiat bonsai berkumpul disana, jadi orang yang mau mencari bonsai berkualitas dari KBB mudah mencarinya. Semoga jika teralisasi centra bonsai menjadi destinasi wisata baru di Bandung Barat,” pungkasnya. (DRA)