Wisata Edukasi Guha Pawon

GUNUNG MASIGIT, BBPOS- Keberadaan Gua Pawon sebagai objek wisata Situs Manusia Purba di Kawasan Kabupaten Bandung Barat tepatnya di Kampung Cibukur, desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat memang mempunyai nilai edukasi yang tinggi. Pengunjung bisa belajar langsung tentang kehidupan manusia zaman prasejarah yang sempat hidup di Daerah tersebut melalui informasi dari petugas yang memandu pengunjung sampai ke gua dimana reflika manusia pawon berada.

Untuk mencapai kawasan Gua Pawon tidak sulit karena gerbang utama berada di jalan Raya Citatah, selanjutnya pengunjung akan menemukan penunjuk jalan hingga sampai pada gerbang utama gua pawon. Jalan menuju gua pawon pun cukup bagus karena sudah dilapisi beton dan cukup nyaman dilalui oleh kendaraan roda empat.

Dengan merogoh kocek sebesar Rp. 5500 per orang pengunjung langsung bisa memasuki area objek wisata dengan ditemani oleh petugas yang bertugas di sana.

Menurut salah satu petugas pintu masuk, Hamdan mengatakan, pengunjung yang datang didominasi oleh pelajar dan mahasiswa yang sengaja datang untuk mempelajari kehidupan manusia pra sejarah yang berada di sana (Gua Pawon,red). Selain itu, tidak jarang para turis asing dari mancanegara juga datang berkunjung untuk melengkapi liburannya di Indonesia khususnya Kabupaten Bandung Barat.

“ Per hari yang datang tidak tentu, biasanya 20 sampai 50 orang lebih,” katanya kepada BBPOS, Sabtu (11/8).

Sementara itu, Hamdan menghimbau kepada para pengunjung yang datang agar sama-sama memelihara kebersihan dan tidak melakukan corat coret di dinding batu gua pawon agar kenyamanan bisa dirasakan oleh semua orang yang datang.

“Sama-sama kita jaga kebersihan agar nyaman, ” pungkasnya. (DRA)