Selatan Kota Bogor Porak Poranda Diterjang Angin Puting Beliung

Foto : Sebuah mobil rusak parah setelah tertimpa pohon tumbang akibat diterjang angin puting beliung (7/12/2018)

Bogor, BBPOS- pasca diterjang angin puting beliung pada hari Kamis (6/11/2018) kemarin, ratusan rumah porak poranda, puluhan pohon tumbang, belasan kendaraan rusak serta menyebabkan satu orang meninggal dunia.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daearah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, tercatat tiga Kecamatan dan 6 Kelurahan di Kota Bogor yang terdampak angin puting beliung tersebut yakni pertama Kecamatan Bogor Selatan terdiri dari Kelurahan Lawang Gintung, Cipaku, Batu tulis dan Pamoyanan, kedua Kecamatan Bogor Selatan yakni Kelurahan Babakan Pasar dan terakhir Kecamatan Bogor Timur yakni Kelurahan Sukasari.

Dari data tersebut tercatat sebanyak 439 rumah rusak, 4 kendaraan roda empat rusak beserta belasan kendaraan roda dua rusak ringan akibat sapuan angin puting beliung yang terjadi sekitar pukul 15:00 wib. Sementara itu, korban meninggal dunia atas nama Enni Reno berusia 45 tahun yang merupakan penumpang salah satu kendaraan yang tertimpa pohon tumbang.

Menurut salah satu saksi mata yang berada di Jalan Siliwangi, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Bobi (30) menuturkan, dirinya tidak menyangka akan terjadi bencana angin puting beliung. Pasalnya, hujan yang terjadi selama satu jam tersebut sudah reda. Lebih lanjut ia mengatakan. Sempat cuaca agak cerah dengan intensitas curah hujan yang rendah.

“Angin disini tidak lebih 5 menit tapu langsung menunbuhkan pohon besar yang berada sebrang jalan” Ujarnya kepada BBPOS, Jumat (7/12/2018).

Ia menambahkan, pohon yang berada di seberang sebuah resto bakso tersebut sempat menimpa salah satu mobil yang berpenumpang sekitar tiga orang. Selain itu, kejadian tersebut sempat melumpuhkan aliran listrik selama 13 jam.

“Untung penumpang yang ada di dalan mobil sempat menyelamatkan diri, sebelun pohon tersebut menimpa mobil mereka” pungkasnya. (DRA/DRY)