1000 Pohon Trembesi Bukti Nyata IKIP Siliwangi Lestarikan DAS Citarum

Cihampelas, BBPOS – IKIP Siliwangi Bandung bersama Citarum Harum Sektor 9 melaksanakan penanaman 1000 pohon trembesi di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, tepatnya di Kampung Babakan Canjur, Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, Senin (3/12/2018).

Menurut Rektor IKIP Siliwangi Bandung, Heris Hendriana mengatakan, sebagai intitusi akademik IKIP Siliwangi ikut andil dalam program merevitalisasi DAS Citarum. Salah satu kegiatannya adalah dengan menanam 1000 pohon trembesi di sepanjang bantaran sungai Citarum. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari program KKN Tematik yang telah berlangsung sejak 3 pekan lalu.

“Ini merupakan bukti nyata peran nyata IKIP Siliwangi Bandung terhadap lingkungan dengan melibatkan mahasiswa di dalamnya,” ujarnya kepada BBPOS disela-sela kegiatan penanaman 1000 pohon trembesi, Senin (3/12/2018).

Ia menambahkan, selain menanam 1000 pohon di sepanjang DAS Citarum, sebelumnya mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung telah melaksanakan berbagai kegiatan yang mengedukasi masyarakat tentang pengetahuan dan keterampilan mengenai pentingnya menjaga lingkungan dengan memberikan materi serta pelatihan pengelolaan sampah, pengoptimalan potensi ekonomi eceng gondok dan bidang pertanian moderen.

“KKN Tematik ini dalam rangka upaya untuk menumbuhkan karakter masyarakat dalam memelihara lingkungan khususnya DAS Citarum,” Tambahnya.

Lebih lanjut Heris mengatakan, untuk tahun 2019 mendatang mahasiswanya (IKIP Siliawangi, red) akan dilibatkan dalam programm KKN Tematik akhir pekan. Dalam kegiatan tersebut, setiap akhir pekan mahasiswa melaksanakan kegiatan serupa di wilayah DAS Citarum selama satu tahun. Hal tersebut diharapkan mampu meningkatan efektifitas dari kegiatan KKN Tematik sebelumnya yang hanya satu bulan.

“Untuk kedepan kita adakan KKN Tematik akhir pekan selama satu tahun, diharapkan kesadaran melestarikan dan menjaga lingkungan datang dari lingkungan keluarga terlebih dahulu,” katanya.

Disinggung keterlibatan siswa Sekolah Dasar dalam penanaman 1000 pohon trembesi, Heris Hendriana menjelaskan, hal tersebut adalah pendidikan karakter yang ditanamkan IKIP Siliwangi bandung kepada anak sejak dini. Dengan demikian, diharapkan kesadaran melestarikan lingkungan tumbuh sejak anak-anak.

“Ini merupakan pendidikan karakter kepada anak sejak dini, bahwa betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar,” tandasnya. (DS)