Hengki Ingatkan ASN Jangan Terlibat Politik Praktis Pada Pemilu 2019

Hengki Kurniawan, Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat. berencana menerapkan teknologi baru dalam mengatasi sampah, Selasa. (30/4/2019) Foto: Bandungbaratpos.com

Ngamprah, BBPOS – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan menegaskan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat bersikap netral pada pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Menurutnya, ia sering mendapatkan laporan dari masyarakat tentang keikutsertaan ASN dalam politik praktis menjelang pesta demokrasi yang akan dihelat tahun depan. Berdasarkan laporan yang diterimanya, para ASN “nakal” tersebut ikut menggiring opini masyarakat untuk memilih Partai Politik tertentu.

“Saya hanya mengingatkan agar seluruh ASN besikap netral, tidak boleh berpihak pada salah satu parpol peserta pemilu, berdasarkan informasi yang saya dapat kebanyakan camat dengan perilaku seperti itu,” ujarnya kepada BBPOS, Minggu, (2/12/2018).

Hengki menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN sudah jelas bahwa setiap ASN tidak berpihak dari segala pengaruh dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

“Itu Undang-undang loh yang mengatur bukan sentimen pribadi saya,” jelasnya.

Ia mengingatkan, agar para PNS di lingkungan Pemda Bandung Barat tidak terlibat pada politik praktis dengan memihak salah satu Parpol. Pasalnya, jika terbukti terlibat dalam kegiatan tersebut maka sangsi beratpun menanti.

“Masyarakat saat ini sudah melek politik, kalo masyarakat melaporkan ada ASN yang tidak bersikap netral yang rugi siapa?, dan perlu diingat jika terbukti dan terindikasi ada perbuatan yang mengarah pada keberpihakan kepada salah satu partai maupun calon, dikenakan sangsi pidana dan itu jangan sampai terjadi di KBB,” katanya.

Namun demikian, Hengki Kurniawan mengajak kepada seluruh ASN untuk fokus dalam melaksanakan seluruh program yang harus diselesaikan. Hal tersebut lebih penting daripada terpengaruh oleh bujukan untuk berafiliasi dengan parpol.

“Lebih baik kembali fokus terhadap fungsi dan peran masing-masing, kita kedepankan kepentingan masyarakat dengan mewujudkan semua program pemerintah untuk kemajuan masyarakat KBB,” harapnya.

Ketika disinggung keterlibatan ASN yang menggiring opini untuk parpol tertentu, Hengki mengaku gusar, Sebagai Wakil Bupati Bandung Barat ia tidak akan tinggal diam jika mendapati ASN yang terlibat politik praktis.

“Pastinya ada sangsi,kita lihat sejauh mana keterlibatannya, lebik baik semuanya fokus terhadap pekerjaan masing-masing,” pungkasnya. (Hen)