Aa Umbara Mengabsen ASN di HUT Korpri

Keterangan Gambar: Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melepas ribuan ASN yang mengikuti gerak jalan santai, Kamis (22/11/18) di Plasa Mekar Sari Komplek Pemkab Bandung.

Ngamprah BBPOS- Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menyesalkan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak ikut serta dalam kegiatan gerak jalan santai, Kamis (22/11/18) di Plasa Mekar Sari Komplek Perkantoran KBB-Ngamprah. Acara gerak jalan santai yang diselenggarakan Korp Pegawai Negeri Sipil (Korpri) bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tersebut diikuti oleh ribuan ASN se-KBB.

Pada kesempatan tersebut, Aa mengabsen satu persatu ASN perwakilan 16 kecamatan se-KBB. Kecamatan Cihampelas, salah satu kecamatan yang mendapat sorotan karena hanya mengirimkan beberapa orang saja. Hal itu berbanding terbalik dengan kecamatan-kecamatan lainnya, seperti Kecamatan Batujajar, Kecamatan Padalarang, Ngamprah dan Lembang yang pesertanya lumayan banyak.

“Saya tidak tahu, apakah ketidakhadirannya karena tidak terkomunikasikan, apakah tidak resfek pada pimpinan atau memang tidak terkoordinasikan. Banyak motivnya. Yang jelas waktu saya absen, perwakilan dari Cihampelas sedikit sekali,” ucap Aa pada wartawan, usai melepas ribuan peserta gerak jalan santai tersebut.

Padahal menurut Aa, gerak jalan santai tersebut sebagai salah satu momentum untuk mengimplementasikan visi Bandung Barat yang Aspiratif, Kreatif, Unggul dan Religius (Akur). Juga sebagai momentum jargon Lumpaaat (lari) yang digelindingkan Aa Umbara Sutisan-Hengki Kurniawan (Akur). Diharapkan visi Akur dan jargon Lumpaaat tersebut bisa tersosialisasikan oleh mereka yang hadir, untuk disampaikan kembali pada masyarakat tingkat bawah.

“Dari visi Akur dan jargon Lumpat ini, dijabarkan lagi lebih luas. Dan ini harus mereka pahami sehingga bisa menyampaikannya kembali pada masyarakat,” ucapnya.

Meski Aa sempat menyatakan kecewa dengan minimnya peserta dari Cihampelas, namun melihat antusias ASN dari kecamatan lainnya dengan jumlah berjibun ia cukup lega dan mengapresiasinya. Ia menyatakan, inti dari gerak jalan tersebut selain membangun hubungan emosional antar ASN se-KBB, juga menumbuhkan kekompakan. “Kalau kita bersatu, maka kita akan kuat. Dan kalau kita kuat itu, karena bersatu,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Korpri KBB Aseng Djunaedi mengatakan gerak jalan santai tersebut merupakan rangkaian acara memperingati HUT Korpri ke-45 dan HUT PGRI ke-37. “Kita ajak mereka jalan santai supaya sehat. Kan kalau sehat, berarti mereka juga bisa kita ajak Lumpaaat, untuk mengimplementasikan program-program Akur,” ucap Aseng.

Sementara Ketua Panitia HUT PGRI KBB Jalaludin menjelaskan, jika ada beberapa kecamatan diantaranya yang hanya mengirimkan peserta terbatas karena mereka tengah sibuk melakukan kegiatan lainnya. “Mereka sudah minta ijin tidak bisa hadir. Katanya di waktu yang sama, ada acara seleksi sebuah kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan,” terangnya. (Hens)