UMBARA: Karang Taruna Pilar Kemajuan Bangsa

Ngamprah, BBPOS – Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat periode 2018 – 2023, dilantik oleh Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, Bertempat di Lapangan Plasa Mekarsari, Komplek Pemda KBB, Minggu (11/11/2018).

Dalam Sambutannya, Aa Umbara menyerukan kepada seluruh peserta yang hadir untuk lebih berkontribusi dan berperan aktif terhadap pembangunan Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, kemajuan atau kemunduran suatu daerah tergantung pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada didalamnya khususnya peran pemuda.

“Jadi pemuda itu jangan cengeng, para pemuda harus berkontribusi bagi pembangunan bangsa ini,”ujarnya dihadapan pengurus Karang Taruna KBB dibawah guyuran hujan.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menjelaskan, bahwa dirinya meyakini keberadaan para pemuda dalam organisasi Karang Taruna akan memberikan kontribusi positif terhadap semua aspek kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, ia menghimbau kepada seluruh pemuda Bandung Barat agar bersatu padu dalam mewujudkan visi AKUR (Aspiratif Kreatif Unggul dan Religius) untuk membangun Kabupaten Bandung Barat ke arah yang lebih baik.

“Masa depan bangsa ini khususnya Bandung Barat sepenuhnya ada dipundak para pemuda oleh karena itu mari dukung dan wujudkan visi AKUR dengan Jargon Bandung Barat Lumpaat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” katanya dengan penuh semangat.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Bandung Barat, Ujang Rohman mengatakan, salah satu fungsi Karang Taruna adalah hadir sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan sosial dimasyarakat. Oleh karena itu, para pemuda dituntut untuk lebih bijak dalam mengaktualisasikan dirinya melalui berbagai hal positif sebagai upaya optimalisasi potensi yang dimiliki.

“Pemuda yang hadir ditengah-tengah masyarakat harus menjadi bagian dari solusi permasalahan sosial, bukan menjadi sumber masalah. Oleh karena itu pemuda harus berkontribusi positif kepada masyarakat dilingkungannya,”katanya.

Ia menegaskan, bahwa masa depan bangsa khususnya Kabupaten Bandung Barat berada ditangan pemuda. Lebih lanjut Ujang mengatakan, para pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna seyogyanya menjadi panutan bagi pemuda yang lain dalam berkarya dan berinovasi menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita sebagai pemimpin masa depan harus mampu memberikan hal yang bermanfaat bagi masyarakat ,”katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Karang Taruna Provinsi Jawa Barat, Subchan Daragana menjelaskan, tugas pokok Karang Taruna adalah mempersatukan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu, Karang Taruna juga harus memposisikan diri sebagai organisasi yang mendukung dan mewujudkan semua program pemerintah yang sudah disiapkan.

“Karang Taruna lahir untuk menjaga negara ini, dan peran pemuda harus terlihat dan terasa oleh masyarakat,”pungkasnya. (***)