Linmas Harus Menjadi Figur di Lingkungannya

Lembang, BBPOS – Pemerintah Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat mengadakan pembinaan terhadap 22 orang petugas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di daerahnya. Hal tersebut sebagai upaya dalam mengoptimalkan peran Satlinmas dalam menegakan Kebersihan, Keamanan dan Ketertiban (K3), Sabtu (3/10/2018).

Menurut Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum (Kasi Trantibum) Kecamatan Lembang, Amas Winata mengatakan, peran aktif Satlinmas ditengah-tengah masyarakat sangat membantu dalam menciptakan suasana lingkungan yang kondusif dengan meminimalisir berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat diantaranya kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba.

“Peran Satlinmas sangat vital ditengah-tengah masyarakat dalam menegakan K3,”ujarnya kepada BBPOS.

Ia menambahkan, dibalik keuntungan wilayah Lembang sebagai tempat tujuan wisata, ada tanggung jawab yang harus dipikul oleh petugas Satlinmas dalam menciptakan suasana yang bersih, aman dan tertib bagi para wisatawan yang datang maupun masyarakat Lembang pada khususnya.

“Tentunya ada hal positif dan negatif dibalik keunggulan Lembang menjadi salah satu tempat destinasi wisata,”tambahnya.

Ia berharap, diseluruh Desa yang berada di Kecamatan Lembang bisa mengadakan kegiatan serupa sebagai salah satu usaha dalam memberikan pemahaman kepada para petugas Satlinmas, betapa kehadiran mereka di lingkungan masyarakat sangat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

“Petugas Satlinmas harus bisa menjadi figur teladan di lingkungan masyarakat serta menyadari bahwa peran mereka sangat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat,” pungkasnya. (Jk)