Warga Keluhkan Pelayanan E-KTP, Hengki Sidak Kantor Disdukcapil

Ngamprah, BBPOS – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Gedung C Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat untuk melihat langsung pelayanan yang diberikan kepada masyarakat khususnya pembuatan E-KTP, Ngamprah, Selasa (30/10/2018).

Menurutnya, sidak tersebut sebagai tindak lanjut dari banyaknya keluhan masyarakat terhadap pelayanan petugas dalam melayani pembuatan E-KTP yang terkesan lambat.

“Saya selalu memonitoring keluhan masyarakat lalu saya sampaikan kepada Kadis untuk memperbaiki pelayanannya,”ujarnya kepada BBPOS disela-sela sidak.

Ia menambahkan, dalam 100 hari kerjanya salah satu program yang sangat diprioritaskan adalah pelayan publik yang prima. Lebih lanjut ia mengatakan, pelayanan prima tersebut tercermin dalam visi AKUR, selain akronim huruf “R” itu religius tapi juga responsif yang artinya cepat dan tanggap dalam menjalankan tugas sebagai pelayan publik.

“Diera kita, pembuatan E-KTP harus selesai dalam satu hari,jangan sampai memakan waktu,”tambahnya.

Namun demikian, Hengki juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih memperhatikan persyaratan dan ketentuan untuk membuat E-KTP, jangan sampai keterlambatan pencetakan E-KTP terhambat akibat data yang tidak sesuai.

“Masyarakat juga harus mengkroscek ulang apakah perekamannya dua kali atau ada kesalahan lainnya,”pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kependudukan (Sekdis Disduk), Agus T, R mengatakan, pihaknya akan melakukan pembenahan jika memang masih ada keluhan dimasyarakat terkait pelayanan yang kurang prima.

“Kita sudah lakukan 100% untuk menjalankan pelayanan satu hari selesai, dalam satu hari kita mencetak E-KTP sampai 750,”tandasnya.(Dry)