BKKBN Kembangkan Model Sekolah Siaga Kependudukan

Ngamprah, BBPOS – Keluarga merupakan bagian penting bagi individu dalam mengenal nilai-nilai kebaikan dan norma yang berlaku pada masyarakat. Hal tersebut merupakan salah satu indikator betapa vitalnya peran keluarga dalam membentuk seorang anak yang berkualitas.

Menurut Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan, keluarga adalah pilar utama dalam membentuk seseorang menjadi individu yang berkualitas. Pasalnya, di lingkungan keluarga seorang anak akan mulai diperkenalkan dengan nilai-nilai kebaikan dan norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Nantinya, ketika si anak menjadi seorang individu yang mandiri siap berinteraksi dan manjalani hidup tanpa menjadi bagian dari masalah sosial.

“Kualitas keluarga akan mempengaruhi kualitas seseorang, oleh karena itu keberhasilan keluarga dalam melaksanakan peran dan fungsinya akan berpengaruh terhadap kualitas bangsa dan negara,” ujarnya dalam sambutan peringatan Hari Keluarga Ke-XXV Tingkat Kabupaten Bandung Barat, bertempat di Lapang Mekar Sari, Ngamprah,Rabu (24/10/2018).

Ia menjelaskan, peringatan Hari Keluarga tidak hanya menjadi kegiatan seremonial saja. Tetapi, menjadi pengingat untuk semua pihak dalam mengoptimalkan peran dan fungsi keluarga. Lebih lanjut Aa Umbara mengatakan, kualitas interaksi dan komunikasi di lingkungan keluarga harus lebih maksimal serta ditingkatkan agar transformasi ilmu dan informasi sampai dengan baik kepada anak.

“Ketika sesampainya di rumah, komunikasi dan interaksi keluarga harus lebih intensif,jangan sampai keberadaan gadget dan televisi serta yang lainnya mengganggu kualitas waktu bersama keluarga,”tambahnya.

Aa Umbara menjelaskan, pendekatan pembangunan daerah sangat bertumpu pada pembangunan manusia terlebih dahulu yang berawal dari kualitas keluarga itu sendiri. Namun demikian, pengembangan dan peningkatan kualitas masyarakat sudah tersirat pada visi AKUR (Aspiratif Kreatif Unggul dan Religius) yang berbasis pada pengembangan ekonomi,optimalisasi sumber daya alam dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Saya mengajak semua elemen untuk merapatkan barisan dan bergerak bersama dengan Visi AKUR dan jargon Bandung Barat Lumpat untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat,”pungkasnya. (**)