SMPN 1 Cililin Ajak Siswa Belajar di Alam Terbuka

Cililin, BBPOS – 8 guru pendamping dan tim literasi SMPN 1 Cililin menggelar kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan cara unik yaitu melalui program Satu Cililin Resep Maca (Sacil Rema) yang melibatkan 40 siswanya membaca dialam terbuka.

Kegiatan literasi tersebut dilakukan di tempat Wisata Curug Sawer yang terletak tidak jauh dari lingkungan sekolah.

Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Cililin, Juhaendi mengatakan, kegiatan literasi yang dilakukan dialam terbuka mampu membuka cakrawala pengetahuan siswa dengan dibantu oleh suasana alam yang sejuk dan pemandangan yang indah. Hal tersebut, dapat memberikan dorongan lebih bagi siswa dalam membaca karena kondisi yang tercipta tidak menjenuhkan.

“Membaca tidak hanya dilakukan di Sekolah saja, melainkan dengan membaca di alam terbuka bisa membuka cakrawala pengetahuan yang lebih luas, selain itu literasi tidak hanya buku saja kalian bisa belajar dari apa yang kalian lihat sekarang,” ujarnya dihadapan siswa, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, 40 siswanya merupakan bagian dari program yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Bandung Barat yaitu Tantangan Membaca Bandung Barat (TMBB), oleh karena itu, Juhaendi memberikan apresiasi kepada siswanya yang menjalankan program tersebut selama 8 bulan terakhir.

“Kalian bukan saja anak didik pilihan yang terlibat langsung dalam program TMBB, lebih dari itu kalian merupakan para siswa yang mampu memanfaatkan waktu dan menjawab tantangan dengan baik,terima kasih untuk semua pengorbanan kalian selama 8 bulan terkahir,”katanya.

Sementara itu, guru bahasa Indonesia sekaligus Fasda GLS Kabupaten Bandung Barat, Mimin Rukmini mengatakan, peningkatan kemampuan dan pengetahuan anak didiknya merupakan menjadi kebanggan tersendiri. Pasalnya, para siswanya sudah mampu memberikan reviu buku yang sudah dibaca dengan baik.

“Saya bangga kepada kalian dengan menyebarkan virus membaca kepada orang lain dan menunjukan laporan hasil reviu buku yang sudah kalian baca setiap bulan, hal tersebut menunjukan kalian mampu melaksanakan tugas dengan baik,”ujarnya.

Sementara itu, ia berharap kepada seluruh siswa agar terus mempunyai semangat yang tinggi dalam menggapai cita-cita termasuk konsisten dalam membudayakan literasi dilingkungan sekolah maupun rumah.

“Setiap perjuangan kadang harus dilalui dengan melewati hal-hal yang tidak kita sukai, tapi itulah proses, hasil yang akan raih nanti sesuai dengan apa yang kalian perjuangkan,”pungkasnya. (Dra)