Belajar Sejarah, Smp 2 Padalarang Kunjungi Guha Pawon

Cipatat, BBPOS – 343 pelajar kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Padalarang mengikuti kegiatan Outing Class dengan tema “Pesona Guha Pawon” untuk memperkenalkan kepada siswa tentang situs purbakala yang mempunyai nilai sejarah tinggi bagi peradaban manusia baik lokal,nasional bahkan dunia.

Menurut Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Kurikulum SMP 2 Padalarang, Wiwi mengatakan, situs Guha Pawon merupakan situs sejarah yang bisa memberikan pengetahuan kepada siswa tentang kehidupan masa lalu di tanah sunda. Oleh karena itu, pihak sekolah menyepakati untuk berkunjung ke Guha Pawon sebagai tempat kegiatan Outing Class.

“Secara geografis Guha Pawon dekat dengan sekolah dan disini anak didik bisa belajar banyak tentang sejarah secara langsung,”ujarnya kepada BBPOS, Rabu (10/10/2018).

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Padalarang, Saprudin mengatakan,kegiatan Outing Class merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif dan efisien dalam menyampaikan ilmu kepada peserta didik. Pasalnya, peserta didik tidak hanya mengetahui sumber ilmu dari buku saja tapi langsung turun ke lapangan.

“Dengan Outing Classs anak-anak tidak merasa jenuh, karena pembelajaran diselenggarakan diluar kelas dengan langsung melihat objek nyata,”ujarnya.

Ia Berharap, dengan kegiatan ini peserta didik tidak hanya mempelajari tentang pelajaran semata. Lebih jauh dari itu, lanjut Saprudin, para siswa bisa mempelajari betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Saya berharap anak anak menyadari juga melestarikan kelestarian alam itu sangat penting,”pungkasnya. (Jar)